Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

5 Makanan Berlemak Baik Untuk Kesehatan

Minggu, 06 September 2020 | September 06, 2020 WIB Last Updated 2020-09-07T04:00:15Z

5 Makanan Berlemak Baik Untuk Kesehatan

5 Makanan Berlemak Baik Untuk Kesehatan

1. Ikan

Ikan mengandung lemak tak jenuh ganda atau omega-3 asam lemak, seperti salmon dan suplemen minyak ikan. Ini adalah nutrisi sehat yang menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan fungsi otak, bahkan meringan gejala arthritis dan membantu mencegah demensia.

2. Kacang

Asam lemak alami dalam kacang-kacangan terbukti mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan risiko pengembangan diabetes tipe 2. Sebuah penelitian di Kanada yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition, Metabolism & Cardiovascular Diseases di University of Toronto dan St Michael Hospital menemukan bahwa mengonsumsi gabungan dua ons kacang mete, almond, kacang brasil, hazelnut, pistachio, macadamia, hingga kenari akan membantu penderita diabetes meningkatkan kesehatan jantung mereka.

3. Produk susu

Jumlah lemak jenuh dalam produk susu dan olahannya, seperti margarin, susu, dan keju ternyata tidak menyumbat pembuluh darah, bahkan mungkin bermanfaat dalam jumlah moderat. Ilmuwan pernah percaya bahwa kadar lemak jenuh dalam makanan-makanan tersebut mengangkat kadar kolesterol.

Lemak jenuh dalam produk susu dan produk hewani lainnya tidak meningkatkan kolesterol jahat. Justru, lemak jenuh dalam produk karbohidrat olahan lah yang meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Minyak nabati

Minyak zaitun, kanola, minyak kelapa, omega-3 dalam kenari dan alpukat ternyata tidak terlalu membahayakan tubuh. Penelitian terbaru University of Toronto menemukan bahwa ketika Anda melakukan diet rendah gula, Anda tetap boleh mengonsumsi makanan-makanan ini. Makanan ini akan mengontrol gula darah Anda dan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Daging

Daging unggas dan sapi, jika dikonsumsi dalam jumlah moderat, akan menjadi sumber protein dan nutrisi berkualitas tinggi. Meskipun mereka mengandung lemak. Seperti produk susu, daging unggas dan sapi ini juga mengandung lemak, namun tidak akan secara signifikan meningkatkan risiko penyakit jantung Anda, melainkan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
×
Berita Terbaru Update