Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

BURUNG KOLIBRI SRIGANTI SOGOK ONTONG

Selasa, 08 September 2020 | September 08, 2020 WIB Last Updated 2020-09-08T07:05:27Z

MENGENAL BURUNG KOLIBRI SRIGANTI SOGOK ONTONG

ASK Burung Kolibri Sriganti Atau Sogok Ontong
Burung-madu kolibri sriganti atau sogok ontong dengan bahasa Latin Nectarinia jugularis adalah spesies burung dari keluarga Nectariniidae, dari genus Nectarinia. Burung ini merupakan jenis burung pemakan nektar yang didapat dari sari pati bunga,tumbuhan dan buah serta memakan serangga berukuran kecil.Sebagian besar burung kecil yang indah ini biasa kita jumpai karna memiliki habitat di pekarangan,kebun,semak pantai dan hutan mangrove.Burung kolibri sriganti memiliki tubuh berukuran kecil berkisar 8-10cm dan mempunyai paruh lancip melengkung serta panjang sebagai ciri khas burung pemakan nektar,hidup berkelompok,berdarah panas, dan berkembang biak dengan cara bertelur.
MENGENAL BURUNG KOLIBRI SRIGANTI SOGOK ONTONG

kolibri sriganti jantan memiliki ciri warna pada tubuh bagian bawah kuning terang,Dagu dan dada berwarna ungu metalik mengkilat,Punggung hijau zaitun.
Kolibri sriganti Betina memiliki warna tubuh bagian bawah kuning tanpa warna ungu pada dagu dan dada,alis biasanya kuning muda. Iris coklat tua,paruh hitam, kaki hitam dan Sering ribut dalam kelompok kecil.

Burung kolibri sriganti memiliki kebiasaan berpindah-pindah dari satu pohon atau semak ke yang lain. Jantan sering berkejaran dengan sriganti yang lain berebut sibetina dan daerah kekuasaan.
Sarang burung sriganti berbentuk kantung dari rumput yang dikombinasi dengan kapas alang-alang atau kapuk pada dahan yang rendah.Telur berwarna keputih-putihan, berbintik abu-abu putih,dengan jumlah telur 2-3 butir,
Berkembang biak sepanjang tahun.
MENGENAL BURUNG KOLIBRI SRIGANTI SOGOK ONTONG

Merawat burung kolibri sriganti atau sogok ontong agar rajin bunyi tentu diperlukan perawatan yang rutin dan konsisten setiap harinya, terutama dari segi pemberian makanan utamanya yang bisa membangkitkan stamina serta rajin berkicau.maka dari itu jangan pernah abaikan pemberian pakan utamanya yang berupa nektar.untuk saat ini nektar bisa kalian beli yang sudah banyak beredar dan tersedia di kios burung terdekat.atau bisa kalian buat sendiri dalam bentuk serbuk atau cairan.Nektar buatan bisa kalian bikin dengan cara mencampurkan 1 gelas air putih matang dengan 4 sendok makan gula pasir dan tambahkan madu murni satu sendok makan.
Dalam beberapa penelitian, manfaat dan kandungan yang ada dalam nektar buatan tidak jauh berbeda dengan yang terdapat dalam nektar alami, jika menggunakan bahan-bahan yang bersih dan bebas dari bahan kimia.
Selain memberikan nektar, air putih bersih juga harus diberikan sebagai air minum pendampingnya, karena d sini cairan nektar tersebut berfungsi sebagai pakan.Burung kolobri sriganti atau sogok ontong yang sudah dewasa biasanya memiliki karakter yang sangat giras, sehingga sebelum melatihnya agar rajin bunyi, anda harus melatih burung untuk jinak terlebih dahulu (mininal jinak lalat).
MENGENAL BURUNG KOLIBRI SRIGANTI SOGOK ONTONG

Selain pakan utama yang berupa nektar dan air minum, sogok ontong harus juga dikonsumsikan dengan pakan serangga kecil lainnya, seperti jangkrik kecil,ulat kandang,ulat hongkong dan kroto.
Sedangkan perawatan lain yang bisa dilakukan adalah rutin memandikan sriganti pada pagi dan sore har (bila perlu) lalu setelahnya burung diangin-anginkan, baru kemudian dijemur sebentar saja agar bulu kering dan merasa hangat kembali.Dengan melakukan perawatan rutin seperti tersebut, maka sogok ontong akan jadi lebih rajin bunyi dan cepat jinak.
Suara khas burung sriganti melengking serta tajam yang enak didengar serta sangat baik untuk di jadikan isian/master buat burung lain.

#ASK
×
Berita Terbaru Update