Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cara budidaya lele dengan terpal

Kamis, 10 September 2020 | September 10, 2020 WIB Last Updated 2020-09-10T15:16:09Z

Cara budidaya lele dengan terpal

ASK
Cara ternak lele dengan menggunakan bak terpal sangatlah simpel. Pertama-tama area yang hendak dibangun bak di keduk sedalam 90 cm. Dinding-dindingnya dibuat miring 3˚. Kemiringan ini nantinya memiliki kegunaan sebagai penyangga terpal dikala sudah berisi air. Tanah hasil galian itu selanjutnya digunakan untuk membuat tanggul setinggi kurang lebih 40 cm.
Cara budidaya lele dengan terpal

Tanggul itu dipadatkan supaya kuat. Agar tidak amblas, permukaan tanggul diberi batako atau bata merah. Langkah berikutnya menunjukkan sekam di dasar bak setebal 10 cm. Untuk bak ukuran 4 m x 8 m ibarat milik Jumaryanto diharapkan 3 kubik sekam. Sekam memiliki kegunaan menjaga semoga suhu stabil di kisaran 27—30˚C. Selanjutnya selapis terpal dapat dipasang. Nah, ujung terpal yang mengitari pinggir bak kemudian ditutup batako atau bata merah. Batako gunanya sebagai pemberat semoga terpal tidak melorot. Selanjutnya bak siap
dipakai.
Cara budidaya lele dengan terpal

Keuntungan penggunaan terpal
cara bisnis lele dengan menggunakkan terpal banyak keuntungannya dibandingkan dengan bak semen. Untuk biaya membuat bak 4 m x 8 m dengan menggunakan sekitar Rp5-juta.
Sedangkan cara ternak lele dengan menggunakan terpal biayanya sangat murah paling habis Rp. 800.000 untuk bak 4m x 8m. Masalah daya tahan pun tak kalah. Kolam terpal dapat dipakai selama 4 tahun, dengan syarat ujung terpal yang ada di tepi bak tertutup rumput. Jika tidak ketahanan terpal paling pol 2 tahun. Pun masa pengeringan bak jauh lebih singkat. Kolam tanah butuh waktu hingga 3 hari, terpal hanya 1 jam. Meski mudah dan aplikatif, ikan yang dipelihara di bak terpal butuh penanganan khusus. Ini alasannya ialah sisa pakan dan kotoran ikan tidak akan terurai akhir bak tidak bersentuhan dengan tanah. Jumaryanto mengatasinya dengan melaksanakan 2 kali penggantian air selama 1 siklus budidaya. Pertama pada dikala lele ikan berumur 50 hari dan kedua 10 hari berikutnya. Dengan cara ini maut lele paling banter mencapai 10%.

#ASK
×
Berita Terbaru Update