Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

CARA CETAK LOVEBIRD JUWARA KICAU

Rabu, 02 September 2020 | September 02, 2020 WIB Last Updated 2020-09-03T04:12:08Z
CARA CETAK LOVEBIRD JUWARA KICAU
CARA CETAK LOVEBIRD JUWARA KICAU

1. Cara memilih lovebird prospek lomba kicau

Perlu kalian tahu bahwa tidak semua lovebird bisa di lombakan bisa di setting menjadi lovebird lomba, tentunya kalian perlu mengetahui cara memilih lovebird yang masuk dalam kategori prospek lomba kicau
dan ciri-cirinya adalah :
• Berkepala cepak seperti tukul arwana
• Bermata bulat bersinar
• Berleher padat berisi
• Bertubuh proporsional tidak kurus
• Bersayap rapi dan membentuk X Menyilang
• Berkaki keras dalam mencengkeram
• Berekor besar
Dan harus memiliki sikap/karakter
• Bawel Rajin bunyi/Gacor
• Respon tinggi, selalu merespon suara
• Latah tidak mau kalah membalas bunyi
Seperti itulah ciri-ciri dalam memilih lovebird prospek lomba kicau, yang bisa kalian temui dimana saja asalkan cocok ciri-cirinya.

2. Perawatan harian

Perawatan harian lovebird untuk lomba kicau sangatlah berperan penting dikarenakan perawatan harian inilah yang berperan untuk menstabilkan kondisi lovebird,
dari beberapa perawatan harian dalam media sosial yang di tulis orang-orang,
Namun perawatan kami berbeda dengan dengan perawatan orang-orang di luar dari team master lovebird fighter.
Perawatan kami bersama beberapa grup komunitas burung lovebird yang tergabung dalam bendera lembaga master lovebird fighter sudah hampir 10 tahun tidak pernah berubah, tetap sama karena merubah settingan sama saja merusak burung sendiri.
Dalam perawatan kami settingan terbagi 2 yaitu:

1. Settingan tunggal (SF)

Kami peruntukan untuk lovebird muda supaya fighter dan belajar fighter, melantih mental muda menjadi petarung dengan pola settingan
Setiap pagi kira-kira pukul 05:30 lovebird kami embunkan untuk mendapatkan oxigen murni yang belum terkontaminasi polusi udara.
Kemudian setelah 20menitan lovebird lanjut di olah raga kan di dalam kandang umbaran untuk olah raga terbang sampai terlihat cukup lelah barulah di iatirahatkan yang bertujuan supaya melancarkan peredaran darah, melenturkan otot-otot, memperpanjang pernafasan, membakar lemak dan meningkatkan kekebalan tubuh supaya mudah tidak sakit dan tak hanya itu keuntungan dari olah raga umbaran adalah untuk menstabilkan birahi juga memperpanjang memperkeras bunyi kekekan.
setelah di olahragakan di kandang umbaran kemudian lovebird di istirahatkan kurang lebih 15menit, setelah itu di mandikan boleh di semprot boleh juga mandi sendiri di berikan cepuk mandi.
Setelah mandi di jemur cukup 15 menit saja dan kemudian di berikan minum air jernih dan makanan harian wajib milet putih polos.
Lanjut di kerodong di simpan didalam rumah di tempat yang sejuk (selesai)
Perawatan selanjutnya sore atau malam bebas sepulang anda bekerja, lovebird di angin-anginkan kurang lebih 15menit kemudian di mandikan tidak perlu basah kuyup dan setelah mandi lanjut di angin-anginkan kembali kira-kira 15menit kemudian di krodong dan di istirahatkan kembali di dalam rumah. (selesai)
Lakukan perawatan secara rutin di setiap hari jangan di rubah karena merubah settingan sama saja merusak lovebird karena lovebird akan stress dan mudah sakit.

2. Settingan colony (Untulan)

Settingan untulan biasa kmi gunakan untuk lovebird dewasa dan lovebird rusak akibat birahi tinggi ataupun stress berat,
Pola settingannya sesuai judul untulan si lovebird di berikan pasangan dalam sangkar kotak namun tidak usah di berikan glodok.
Jadi setiap hari lovebird berduaan dengan pasangannya yang bertujuan mengobati stressnya dan menurunkan birahinya.
perawatan hariannya mudah sama dengan settingan tunggal namun yang membedakan hanyalah menggunakan pasangan.
Jadi pagi sama di embunkan, kemudian di olahragakan, lanjut di mandikan dan di jemur.
Namun jika lovebird settingan tunggal istirahat di kerodong di dalam rumah harus sendiri, tapi settingan colony tidak perlu di kerodong, simpan saja di dalam rumah bersama pasangannya.
Pakan hariannya sama wajib milet putih polos, minumnya air jernih saja.
Lakukan settingan secara konsisten jangan pernah di rubah-ubah, karena merubah settingan sama saja merusak burung sendiri.

3. Perawatan lomba

Perawatan lomba di hari lomba tidaklah sulit, setingan tunggal dan colony sama saja perawatannya, kalian cukup memandikan tidak terlalu basah kuyup namun tidak dimandikan juga tidak masalah di hari lomba bisa di mandikan di lapangan lomba, kemudian membersihkan sangkarnya lanjut memberikan air jernih sebagai air minumnya dan pakan lomba kemudian kerodong simpan di tempat sejuk dan siap di lombakan.
Nah untuk settingan colony pisahkan dengan pasangannya biarkan pasangannya di rumah saja atau jangan di bawa ke lapangan.
×
Berita Terbaru Update