Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

CARA MERAWAAT CILILIN AGAR GACOR, PERAWATAN BURUNG CILILIN

Kamis, 03 September 2020 | September 03, 2020 WIB Last Updated 2020-09-04T03:24:26Z

CARA MERAWAAT CILILIN AGAR GACOR, PERAWATAN BURUNG CILILIN

ASK
Cililin merupakan burung besar yang cukup aktif. Untuk mendukung aktivitasnya, dibutuhkan perawatan yang bisa membuatnya selalu dalam kondisi prima setiap harinya. Caranyaadalah memberikan pakan bergizi, serasi dan seimbang.Burung cililin yang sehat, aktif dan terpenuhi semua nutrisinya akan lebih mudah bunyi dan lebih rajin bunyi, tanpa perlu dipancing-pancing lagi dengan menepuk tangan, membuat keramaian, atau membuat suara-suara bising agar burung mau berbunyi.Pakan serasi dan seimbang adalah pakan yang memiliki kelengkapan gizi, mulai dari energi metabolisme (EM), protein, karbohidrat, lemak, serat kasar, serta anekamineraldan vitamin.Pakan dengan kandungan protein tinggi sangat diperlukan agar burung cililin rajin bunyi, meski hal ini tetap dalam batasan tertentu (18 – 22 %). Jika kadar protein terlalu berlebihan, burung pasti akan mengalami over birahi, yang membuatnya malah jarang bunyi dan cenderung nakal.
Pola perawatan yang baik sebagai berikut.
CARA MERAWAAT CILILIN AGAR GACOR, PERAWATAN BURUNG CILILIN

1).Pemberian pakan burung cililin yang sudah ngevoor tidak boleh kekenyangan atau bahkan kekurangan karena kalau kekenyangan cililin akan malas berbunyi tapi juga jangan kekurangan karena akan mengakibatkan stres bahkan kematian. Standar pemberian EF berupa jangkrik pagi jam 07.00 sebanyak 5-6 ekor dan sore jam 03.30 juga 5-6 ekor.
tiga kali dalam seminggu alangkah baiknya dikasih kroto segar sebanyak 1 sendok makan,namun jika ini tidak memungkinkan maka bisa diganti dengan pemberian UH (ulat hongkong) yang sudah di potong bagian kepalanya sebanyak 15 ekor.

2).Pemandian burung cililin bisa di terapkan 2 kali dalam sehari dimulai pagi jam 6.30 dan sore jam 03.00,selesai pemamndian dilanjut penjemuran.
Penjemuran burung cililin cukup singkat saja sekitar 30 menit atau paling lama 1 jam saja,masalahnya burung cililin kurang gemar dengan hawa panas.Survei membuktikan cililin yang jarang di jemur justru lebih bertahan hidup dari pada yang sering dijemur. Apabila jadwal penjemuran tiba dan cuaca sedang tidak baik,mending niat pemandian dan penjemuran di urungkan saja karena (terutama) cililin sangat peka terhadap cuaca yang kurang baik sama halnya dengan burung murai batu.

3).Penempatan burung cililin di dalam rumah jangan di posisi angin lewat, misal lurus di antara dua pintu atau jendela. Akan lebih baik apabila kita taruh di salah satu sudut ruangan. Di malam hari pemakaian kerodong sangat di anjurkan untuk menghindari gigitan nyamuk dan serangga berbahaya lainnya
CARA MERAWAAT CILILIN AGAR GACOR, PERAWATAN BURUNG CILILIN

4).Cepuk/tempat air minum harus sering di periksa kebersihannya,karena hampir semua cililin yang sudah makan voor akan rakus makannya,jadi sehabis makan voor dia akan langsung minum setelah minum dimana kondisi paruhnya sedang dalam keadaan basah dia langsung melanjutkan makan voor lagi dan begitu seterusnya, otomatis kondisi air minumnya akan menjadi keruht ercampur voor.Jika demikian sebaiknya air minum di ganti dengan air yang baru dan bersih kembali.namun kalian tenang saja,karna masalah tersebut hanya berlaku pada burung cililin yang masih baru kita rawat,atau istilahnya masih belum beradaptasi dengan lingkungan sekitar kita
Kalau kondisi air minum tidak terkontrol (kotor) dikhawatirkan cililin tersebut tidak mau minum yang akhirnya kalau kondisi ini terus menerus berlanjut otomatis bisa mengakibatkan kematian. Menjelang malam hari cepuk pakan voornya harus di kontrol kalau ternyata berkurang harus segera di tambahkan, kadang ada cililin yang suka main2 dengan voor atau dia memilih-milih voor yang mau dimakannya sehingga voor bertebaran kemana-mana dan voornya akan berkurang drastis tanpa sepengetuhan kita.Jadi perawatan harian yang konsisten berupa kebersihan sangkar, mandi rutin untuk burung dan pemberian pakan serangga berupa Kroto serta Jangkrik akan berpengaruh menjaga Burung Cililin dalamkondisi top performa sehingga burung rajin bunyi dan gacor.

5).Pemberian multivitamin tambahan juga penting untuk menjaga kekebalan tubuh dan staminanya.pilihlah merk yang dirasa mempunyai fungsi dan dampak positif yang baik bagi burung cililin.
Kalian bisa membeli multivitamin cair yang di teteskan pada air minun di kios atau di toko burung terdekat kalian yang saat ini sudah banyak tersedia juga banyak ragam merknya.
Dalam pola perawatan ini jangan terlalu berlebihan,cukup 3 kali dalam seminggu.
CARA MERAWAAT CILILIN AGAR GACOR, PERAWATAN BURUNG CILILIN

CIRI KHAS BURUNG CILILIN

Burung cililin berciri-ciri dengan adanya jambul dikepalanya ini diketahui ada tiga jenis, yaitu yang berasal dari pulau jawa,Sumbawa dan Sumatera.
Dari pulau jawa dengan ciri khas warna bulu pada sayap atau punggung berwarna hitam,sedangkan dari pulau sumbawa dan sumatra berciri khas sama,yaitu warna bulu pada sayap atau punggung dominan berwarna coklat.
Perbedaan dari ketiga burung ini secara fisik tidak berbeda jauh. Adapun mengenai ciri-ciri fisiknya burung ini mempunyai ukuran postur tubuh yang bisa di bilang besar dari burung kicauan lainnya, pada bagian kepalanya terdapat jambul, warna putih kombinasi hitam terdapat pada tengkuknya, ekor panjang dan agak lebar.
CARA MERAWAAT CILILIN AGAR GACOR, PERAWATAN BURUNG CILILIN

CARA MERAWAAT CILILIN AGAR GACOR, PERAWATAN BURUNG CILILIN

CIRI JANTAN DENGAN BETINA

Untuk membedakan antara burung cililin jantan dan betina kita bisa melihat dari ciri fisiknya.
Adapun ciri-ciri burung Cililin jantan mempunyai bintik putih di alis mata lebih kecil, bulu putih yang terdapat di leher terlihat lebih tebal dan warna hitam sebagai pemisah terlihat jelas, badan dan kepala terlihat lebih besar, warna terlihat lebih pekat atau tua, posisi badan lebih tegak, lebih sering bunyi dibandingkan Celilin betina dan mempunyai karakter suara yang rapat, panjang dan kasar serta lebih agresif dibanding betina.
Sedangkan ciri-ciri burung Celilin betina mempunyai bintik putih di alis mata lebih besar, bulu yang putih terdapat di leher lebih tipis dan terlihat kurang jelas pada warna hitam pemisahnya, badan dan kepala terlihat cenderung lebih kecil dibanding yang jantan, warna lebih terlihat lebih muda, posisi badan lebih membungkuk (lebih bulat),kalah gacor dengan yang jantan, suara lebih pendek dan halus.
CARA MERAWAAT CILILIN AGAR GACOR, PERAWATAN BURUNG CILILIN

KARAKTER SUARA BURUNG CILILIN

Cililin warna coklat (Sumbawa dan Sumatra) mempunyai karakter atau nada suara melengking dan panjang namun halus. Sedangkan cililin warna hitam (Jawa) nada suaranya cenderung pendek- pendek dan kasar. Di kalangan kicau mania, banyak yang lebih menyukai burung cililin dengan warna coklat karena suaranya ngerol dengan durasi panjang.

HABITAT PENYEBARAN BURUNG CILILIN

Penyebaran Burung Cililin secara global ada di Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar. Penyebaran Burung Cililin secara lokal ada di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa. Burung Cililin cukup umum terdapat di hutan daerah rendah sampai ketinggian 1.200 m. Makanan kegemarannya di alam bebas berupa serangga seperti jangkrik, ulat, belalang dan lainnya.
Semakin banyaknya diadakan perlombaan burung-burung kicauan menyebabkan burung ini banyak dicari untuk dijadikan Master untuk burung-burung lomba seperti Murai Batu, Kacer, Pentet, Cucak Ijo,lovebird dan lain-lain.postur atau bentuk yang unik serta suara rapat dan panjang menyebabkan burung cililin banyak dicari oleh para penghobi burung tanah air.

#ASK
×
Berita Terbaru Update