Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cara merawat burung kakatua ketika rontok bulu

Kamis, 10 September 2020 | September 10, 2020 WIB Last Updated 2020-09-10T11:00:14Z

Cara merawat burung kakatua ketika rontok bulu

ask
Rontok bulu atau mabung pada burung kakatua kerap terjadi, kadang kakatua suka berpilaku mencabuti bulunya sendiri hingga semakin sedikit. Pertanyaannya adalah

Tips merawat burung Mabung
Cara merawat burung kakatua ketika rontok bulu

Berikut ini tips atau cara merawat burung kakatua yang mengalami rontok bulu atau mabung

Burung kakaktua mengalami rontok bulu atau mabung alias molting selama 7—9 bulan. Biasanya ketika mabung, bulu rontok tidak hingga habis. Pertumbuhan bulu gres bertahap menyerupai menyulam, muncul helai per helai.
   
Perawatan untuk kakaktua yang sedang rontok bulu diberi pakan dan minum yang cukup. Agar lebih maksimal, burung sebaiknya diberi Bird Molt Pre—suplemen berisi vitamin dan mineral yang diracik khusus untuk memicu perontokan bulu sekaligus menumbuhkan bulu baru. Saat pertumbuhan bulu, berikan asupan Bird Molt Post—suplemen penunjang pertumbuhan bulu baru. Caranya, teteskan tambahan cair itu pada pakan.

Kebiasaan kakatua mencabuti bulu dan makan jagung yang dimuntahkan lagi menyampaikan burung kakaktua stres. Sebaiknya burung diberi pakan bervariasi. Selain jagung, kuaci, biji bunga matahari, kacang, serta buah-buahan menyerupai apel, pisang, dan pepaya secara selang-seling. Untuk mengurangi stres, kakaktua harus diajak berinteraksi dengan bicara atau bermain alasannya ialah sifat burung itu aktif, sehingga burung tidak merasa bosan.

#ASK
×
Berita Terbaru Update