Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

CARA MERAWAT BURUNG MURAI BATU AGAR GACOR DI RUMAH MAUPUN DI LAPANGAN

Rabu, 02 September 2020 | September 02, 2020 WIB Last Updated 2020-09-03T04:04:38Z

CARA MERAWAT BURUNG MURAI BATU AGAR GACOR DI RUMAH MAUPUN DI LAPANGAN
ASK trick yang saya terapkan kepada murai batu yang saya miliki.namun yang paling penting adalah kerja keras dan ketekunan paling berperan aktif.baiklah silahkan kalian simak baik-baik dan baca sampai habis artikel ini.

Pertama usahakan pagi-pagi sekali sekitar jam 5 jangan malas untuk beranjak bangun dari tempat tidur kalian.keluarkan murai batu dan gantang di tempat terbuka agar terkena embun pagi.boleh di taruh ke dalam sangkar umbaran agar stamina semakin kuat.udara sejuk dan suasana di pagi hari bisa membikin murai therapy agar terhindar dari stres.

Jam 6 pagi masukkan ke dalam keramba agar murai bisa mandi sendiri dengan leluasa.bersihkan sangkar harian agar terhindar dari bekas kotoran yang membawa dampak kurang baik pada murai.ganti voer dan air minum dengan yang baru.durasi mandi tergantung si murai itu sendiri,apabila murai sudah mulai diam dan tidak mau mandi lagi pindah ke sangkar sehari-hari dan gantang di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Kasih jangkrik 3 ekor,ulat hongkong 5 ekor yang sudah di potong bagian kepalanya biar tubuh murai kembali hangat.pemberian kroto segar cukup 2 kali dalam seminggu sebanyak satu sendok makan.boleh di selingi sama cacing tanah yang sudah di cuci bersih satu kali saja dalam seminggu.

Durasi penjemuran usahakan jangan melebihi sampai jam 9 pagi.pindah ke tempat yang teduh dan biarkan murai berkicau di kala itu sampai jam 11.di saat tersebut jangan pertemukan murai dengan burung sejenis agar murai tidak merasa terganggu.

Jam 11 murai di kerodong dan gantang di dalam ruangan yang mempunyai sirkulasi udara yang baik dan tenang.perdengarkan suara burung master boleh lewat media elektronik dengan volume pelan saja.di saat itu biasanya murai ngeriwik pelan berusaha menirukan suara burung master yang di dengar.pemasteran murai tidak usah menunggu di saat lagi ngurak atau rontok bulu.kapan saja boleh di kerjakan.

Jam 3 sore buka kembali kerodong dan kembali di masukkan ke dalam keramba buat mandi kembali.durasi mandi di sore hari berbeda dengan pagi hari,cukup 30 menit saja dan lanjut pindah ke sangkar harian buat di jemur.kasih EF yang sama persis seperti di atas.perlu di ingat pemberian EF jangan langsung di suapin dari tangan kalian.taruh di cepuk khusus biar murai yang ambil sendiri untuk di makan.

Jam 5 sore ambil cepuk yang berisi voer dan air minum dan lanjut murai kembali di kerodong dan taruh di tempat semula untuk istirahat.perdengarkan kembali suara burung master sampai menjelang pagi hari.

Satu bulan sekali boleh kalian kres atau boleh kalian bawa ke tempat latian buat melatih mentalnya agar berani saat di lapangan.pantau saat ia bekerja,apabila masih belum mau bekerja maksimal berarti burung murai kalian masih perlu perawatan yang konsisten kembali.jangan kalian ubah setelan agar murai terhindar dari stres.intinya memang perlu kesabaran dan harus konsisten.menjadikan burung berprestasi hasil jeri payah sendiri itu memberikan dampak yang membanggakan.lain hal nya apabila kalian merawat burung yang sudah berprestasi sejak awal.

Pemberian mutivitamin berupa cairan yang di teteskan ke air minum boleh-boleh saja di lakukan.namun upayakan pilih yang sedikit mengandung bahan kimiawi yang tidak baik bagi kesehatan burung.pemberian obat pendokrak birahi tidak boleh di lakukan,biarkan birahi murai stabil melalui perawatan alami di atas.

karakter murai batu mudah jinak dan beradaptasi pada lingkungan sekitar,apalagi murai yang kalian rawat hasil dari burung murai tangkaran.jadi upayakan kesehariannya hindari menggoda murai agar tidak manja dan biasanya suka ngelembung dan malas berkicau.murai yang terlanjur manja akan mau berkicau apabila kalian cetteki atau di goda saja.jadi hindari segala hal yang bisa membuat murai manja.

Tempat gantang untuk sehari-hari upayakan di pindah-pindah,agar murai terbiasa dengan suasana baru dan terhindar dari drop ketika mau di bawa ke lapangan.namun tetap perlu waspada terhadap bahaya tempat gantangan,usahakan semaksimal mungkin terhindar dari hewan bahkan serangga berbahaya lainnya.
×
Berita Terbaru Update