Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

CARA PERAWARAN/MERAWAT BURUNG SAMYONG

Minggu, 06 September 2020 | September 06, 2020 WIB Last Updated 2020-09-06T11:51:02Z

CARA PERAWARAN/MERAWAT BURUNG SAMYONG

ASK CARA PERAWARAN/MERAWAT BURUNG SAMYONG
Burung samyong adalah burung pemakan serangga, namun dalam perawatan hariannya tidak sedikit pula samyong mania yang memberikan pakan tambahan berupa buah-buahan pada burung samyong mereka.
CARA PERAWARAN/MERAWAT BURUNG SAMYONG

Meski tidak semua burung samyong ini menyukai buah-buahan , namun ada juga burung samyong yang sangat suka dan gemar menyantap buah-buahan seperti pisang,apel, peer, pepaya dll.
Meski belum diketahui apakah pemberian buah-buahan itu bisa memberikan efek yang baik dalam hal suara atau tingkat kegacorannya, namun buah-buahan tersebut bisa menjadi sumber tambahan nutrisi yang baik bagi kesehatan burung samyong.
Burung samyong sebaiknya diberikan pakan yang tinggi akan  vitamin dan protein seperti belalang sawah, jangkrik, kroto dan ulat hongkong,tidak lupa pula pemberian voer harus salalu tersedia agar semakin mudah dalam perawatannya.
CARA PERAWARAN/MERAWAT BURUNG SAMYONG

Jangkrik atau belalang bisa diberikan minimal 3 ekor pada pagi dan sore hari, pemberian jangkrik atau belalang ini bisa menentukan apakah burung akan lebih rajin berbunyi, untuk itu silahkan perhatikan berapa jumlah yang bisa membuat burung semakin aktif dan rajin berbunyi,hal ini disebut setelan ef harian.
CARA PERAWARAN/MERAWAT BURUNG SAMYONG

Kroto bisa diberikan sebanyak satu sendok teh yang diberikan pada waktu pagi dan sore hari dua kali dalam seminggu.
Ulat hongkong bisa diberikan setiap hari sebanyak 5 ekor yang sudah di potong bagian kepalanya.
Sedangkan untuk perawatan lain diluar pakan adalah mandi dan penjemuran.
mandi bisa diterapkan setiap hari antara pagi dan sore dan diblanjut penjemuran setelahnya.
Burung samyong termasuk burung yang tidak tahan panas,jadi porsi penjemuran sebaiknya tidak perlu menunggu burung sampai membuka paruhnya (kepanasan),cukup sampai bulu kering kembali usai pemandian.
CARA PERAWARAN/MERAWAT BURUNG SAMYONG

Pemasteran dengan memutarkan suara kicauan burung lain baik dari media mp3 atau burung masteran bisa dilakukan pada siang hari hingga sore hari atau diluar jam aktif dari burung. Karena ketika burung sedang bersantai atau beristirahat, mereka mudah nerekam dan menerima suara disekitarnya.
Pemberian multivitamin boleh diterapkan agar stamina dan kondisi burung samyong selalu fit.

#ASK
×
Berita Terbaru Update