Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cara stek Daun Budidaya Lidah Mertua (sansevieria)

Kamis, 10 September 2020 | September 10, 2020 WIB Last Updated 2020-09-10T11:06:21Z

Cara stek Daun Lidah Mertua (sansevieria)

ASK
Stek daun tanaman hias sansevieria dilakukan dengan memotong daun secara horisontal. Syaratnya, daun yang akan distek harus cukup umur. Paling ideal, dipilih daun terbawah atau daun paling tua. Tanaman induk mampu distek lagi selang 2—3 bulan sesudahnya.
Cara stek Daun Budidaya Lidah Mertua (sansevieria)

Kelemahannya, pada jenis sansevieria yang memiliki kombinasi warna kuning dan hijau, perbanyakan lewat stek daun umumnya menghasilkan anakan berwarna hijau. Itu dialami oleh sansevieria jenis laurentii, futura, golden hahnii, dan bantel’s. Hampir 90% sansevieria yang diperbanyak dengan stek daun akan mengalami mutasi, berupa perubahan corak dan warna.

Untuk jenis-jenis itusebaiknya dipilih metode perbanyakan lain semoga aman, misalnya dengan pisah anakan atau potong pucuk. Setelah melaksanakan penyetekan pot diletakkan di kawasan teduh.
Cara stek Daun Budidaya Lidah Mertua (sansevieria)

Perawatan dimulai 2 ahad setelah tanam. Semprot sansevieria dengan fungisida dan bakterisida setiap ahad sekali secara bergantian. Penyiraman dilakukan satu ahad sekali di media tanam. Akar mulai muncul 2—3 ahad setelah tanam; sedangkan anakan, 1—2 bulan. stek daun mampu dilakukan pada sansevieria berdaun kecil atau tebal.

#ASK

×
Berita Terbaru Update