Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cara Ternak Ikan Hias Maskoki

Kamis, 10 September 2020 | September 10, 2020 WIB Last Updated 2020-09-10T12:16:29Z

Cara Ternak Maskoki

ASK
Maskoki jantan hanya mempunyai sebuah lubang genital yang terletak di bawah perut. Fungsinya ganda: alat reproduksi sekaligus sekresi. Pada betina, kedua lubang itu terpisah.
   
Siapkan akuarium dengan luas minimal 10 kali panjang ikan. Isikan air yang telah diaerasi dan diendapkan selama 1 minggu. Kemudian beri obat antiparasit menyerupai Methylene Blue 0,5 ppm. Sebagai kawasan telur menempel berilah eceng gondok atau tali rafia yang disurai di akuarium.
Cara Ternak Ikan Hias Maskoki

Usahakan akuarium mendapat sinar matahari pagi dan sore hari. Selanjutnya masukkan induk betina dan jantan siap pijah dengan perbandingan 1:2 atau 1:3. Betina siap pijah perutnya membuncit dan agak kenyal. Benjolan kecil warna putih di bab sirip depan atau tutup insangnya, tanda jantan sudah matang kelamin.
   
Cara Ternak Ikan Hias Maskoki
Untuk pencegahan semoga maskoki tidak terserang penyakit atau parasit  berikan garam dan larutan Methylene Blue masing-masing 5 ppm. Untuk pengobatan gunakan antibiotik dan garam masing-masing 10 ppm. Cara lain, naikkan suhu air hingga 29-32oC dengan heater.
   
Nafsu makan ditingkatkan dengan mengganti air sebanyak 30-40% setiap 2 hari. Kombinasikan dengan memberi pakan hidup menyerupai cacing sutra, cacing darah, dan jentik nyamuk.
 
Cara Ternak Ikan Hias Maskoki
Kualitas air yang dibutuhkan: suhu 22-27 C; pH 6,5-7,2; CaCO3 terlarut 7-10 ppm; oksigen terlarut 10-15 ppm; dan kandungan logam berat

#ASK
×
Berita Terbaru Update