Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

CIRI JANTAN DENGAN BETINA BURUNG CILILIN

Kamis, 03 September 2020 | September 03, 2020 WIB Last Updated 2020-09-04T03:16:54Z

CIRI JANTAN DENGAN BETINA BURUNG CILILIN


ASK
CIRI JANTAN DENGAN BETINA BURUNG CILILIN

CIRI JANTAN DENGAN BETINA BURUNG CILILIN
Untuk membedakan antara burung cililin jantan dan betina kita bisa melihat dari ciri fisiknya.
Adapun ciri-ciri burung Cililin jantan mempunyai bintik putih di alis mata lebih kecil, bulu putih yang terdapat di leher terlihat lebih tebal dan warna hitam sebagai pemisah terlihat jelas, badan dan kepala terlihat lebih besar, warna terlihat lebih pekat atau tua, posisi badan lebih tegak, lebih sering bunyi dibandingkan Celilin betina dan mempunyai karakter suara yang rapat, panjang dan kasar serta lebih agresif dibanding betina.
Sedangkan ciri-ciri burung Celilin betina mempunyai bintik putih di alis mata lebih besar, bulu yang putih terdapat di leher lebih tipis dan terlihat kurang jelas pada warna hitam pemisahnya, badan dan kepala terlihat cenderung lebih kecil dibanding yang jantan, warna lebih terlihat lebih muda, posisi badan lebih membungkuk (lebih bulat),kalah gacor dengan yang jantan, suara lebih pendek dan halus.
CIRI JANTAN DENGAN BETINA BURUNG CILILIN


KARAKTER SUARA BURUNG CILILIN

Cililin warna coklat (Sumbawa dan Sumatra) mempunyai karakter atau nada suara melengking dan panjang namun halus. Sedangkan cililin warna hitam (Jawa) nada suaranya cenderung pendek- pendek dan kasa\. Di kalangan kicau mania, banyak yang lebih menyukai burung cililin dengan warna coklat karena suaranya ngerol dengan durasi panjang.

CIRI KHAS BURUNG CILILIN

Burung cililin berciri-ciri dengan adanya jambul dikepalanya ini diketahui ada tiga jenis, yaitu yang berasal dari pulau jawa,Sumbawa dan Sumatera.
Dari pulau jawa dengan ciri khas warna bulu pada sayap atau punggung berwarna hitam,sedangkan dari pulau sumbawa dan sumatra berciri khas sama,yaitu warna bulu pada sayap atau punggung dominan berwarna coklat.
Perbedaan dari ketiga burung ini secara fisik tidak berbeda jauh. Adapun mengenai ciri-ciri fisiknya burung ini mempunyai ukuran postur tubuh yang bisa di bilang besar dari burung kicauan lainnya, pada bagian kepalanya terdapat jambul, warna putih kombinasi hitam terdapat pada tengkuknya, ekor panjang dan agak lebar.

#ASK
×
Berita Terbaru Update