Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

DAUN SIRIH UNTUK BURUNG BERKICAU

Kamis, 03 September 2020 | September 03, 2020 WIB Last Updated 2020-09-03T08:46:01Z

DAUN SIRIH UNTUK BURUNG BERKICAU


ASK
DAUN SIRIH UNTUK BURUNG BERKICAU
Daun sirih adalah tanaman asli indonesia,yang mulai turun temurun biasa di manfaatkan oleh banyak orang sebagai obat antiseptik tradisioanal untuk menyembuhkan segala macam penyakit.
Manfaat daun sirih bukan hanya untuk manusia,melainkan bisa juga kita manfaatkan kepada burung peliharaan.
Seperti yang kita ketahui penyakit pada burung banyak di sebabkan oleh virus,bakteri dan jamur.ke tiga hama tersebut pasti ada di sekitar sangkar jika kita jarang menjaga pola kebersihan sangkar pada burung tersebut.
Namun timbulnya ke tiga hama tersebut bukan hanya di karnakan kita malas membersihkan sangkar saja,melainkan ada juga pemicu lain semisal saling tukar kerodong,penukaran sangkar,saling tukar tempat pakan dan akibat penyebaran lewat udara.karna pada dasarnya ke tiga hama tetsebut mudah menular dan berkembang.
DAUN SIRIH UNTUK BURUNG BERKICAU

Penyakit pada burung yang kerap di alami akibat hama di atas ialah kutuan,kaki bubulan dan suara serak.
Ketiga penyakit tersebut jika dibiarkan tanpa ada penanganan maka akan berdampak buruk bagi burung kita ke depannya.

Burung yang terkena kutu biasanya malas mau berkicau,kesehariannya burung selalu sibuk menggaruk-garuk badannya sehingga mengakibatkan bulu rusak dan rontok bukan pada waktunya.burung yang terjangkit kutu juga merusak penampilannya,sehingga tidak sedap di pandang mata.

Kaki bubulan pada burung memicu burung sulit untuk bertengger dan selalu berada di alas sangkar.jika di biarkan berangsur lama akan mengakibatkan kelumpuhan dan berujung pada kematian.

Sedangkan suara serak pada burung akibat bakteri dan jamur yang menyerang pada tenggorokan.rasa sakit saat burung berkicau akan membuat burung tersebut membisu permanen apabila tanpa ada penanganan yang cepat.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips kesehatan bagi burung berkicau dengan bahan utama daun sirih.
Sebelum kalian menerapkan alangkah baiknya kalian baca dengan teliti terlebih dahulu langkah-langkah yang akan saya sampaikan berikut ini:

PENYEMBUHAN BURUNG YANG KUTUAN

Siapkan 3 lembar daun sirih yang sudah tua dengan ciri-ciri warna hijau kecoklatan,kemudian kalian cuci sampai bersih.
Rebus 3 lembar daun sirih tersebut ke dalam panci atau wadah merebus air lainnya dengan 3 gelas air bersih.
Lamanya merebus usahakan sampai 5 menit selama air mendidih.setelah selesai diamkan dulu air rebusan sirih sampai tersa dingin.
Tuangkan air rebusan sirih ke dalam sepray atau semprotan buat memandikan burung.
Mandikan burung dengan air sirih tersebut dua kali dalam sehari (pagi dan sore).
Jika burung sudah basah kuyub namun air rebusan masih ada,kalian semprotkan pada daerah sangkar semisal jeruji,tangkringan dan alas sangkar agar bakteri yang melekat pada sangkar juga bisa terbunuh.
Kalian tidak perlu kuatir jika air rebusan daun sirih terkena mata dan tertelan oleh burung,karna daun sirih banyak mengandung zat alami yang baik untuk kesehatan dan juga tidak beracun bagi burung.
Lakukan dengan rutin cara di atas agar burung kalian terhindar dari kutu dan membuat bulu burung tumbuh dengan bagus kembali.
Jika kalian memakai keramba untuk memandikan burung usahakan porsi daun sirih untuk campuran air di seimbangkan.misalkan kalian mau mengisi air pada pada keramba sebayak 10 gelas, maka daun sirih untuk campuran sebanyak 10 lembar.

#ASK
×
Berita Terbaru Update