Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kisah Abu Nawas Dan Teras Reotnya Yang Bisa Bertasbih

Rabu, 02 September 2020 | September 02, 2020 WIB Last Updated 2020-09-02T18:48:31Z
🌾 Kisah Abu Nawas Dan Teras Reotnya Yang Bisa Bertasbih 🌾

Suatu hari Abu Nawas kedatangan tamu yang tidak lain adalah teman lamanya. Maka dipersilahkannya tamu tersebut duduk di teras rumahnya (panggung). Tak selang berapa lama kemudian angin bertiup agak kencang, lalu atap teras itu bergoyang dan berbunyi “kreat-kreot”.

Hey Abu Nawas, Rupanya teras rumah engkau ini sudah tua dan reot juga ya ? Tanya sang tamu.
Abu Nawas menjawab,Ooo ……., jangan salah sangka engkau, teras aku ini berbunyi karena sedang bertasbih kepada Allah. Ah masa ……, kok bisa begitu ?. dengan herannya tamu itu bertanya kembali.
Iyya benar ….., memangnya kau lupa bahwa semua makhluk di langit dan di bumi selalu bertasbih memuji Allah ? jawab Abu Nawas kembali.
Yang benar kau……. !.si tamu menimpali.
Abu Nawas kemudian menjelaskan., Waaah kamu lupa ya firman Allah yang berbunyi:

تُسَبِّحُ لَهُ السَّمٰوٰتُ السَّبْعُ وَالْأَرْضُ وَمَنْ فِيهِنَّ ۚ وَإِنْ مِّنْ شَىْءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِۦ وَلٰكِنْ لَّا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ ۗ إِنَّهُ ۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

“Langit yang tujuh, bumi, dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun.”
(QS. Al-Isra’ 17: Ayat 44).

Tiba-tiba angin bertiup semakin kencang sementara goyangan dan bunyi teras bertambah semakin kencang pula. Seketika itu juga Abu Nawas melompat keluar .
Abu Nawas …!, Mengapa kau lompat dan ketakutan begitu, bukankah katanya teras ini sedang bertasbih ?. Sergah sang tamu melihat Abu Nawas lari begitu saja.

Sambil berlari Abu Nawas menjawab ., Aku khawatir, jika semakin khusyu’ teras ini bertasbih ,, dia akan bersujud.

====================================
The end.
====================================
×
Berita Terbaru Update