Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Manfaat Wudhu Untuk Kesehatan

Senin, 28 September 2020 | September 28, 2020 WIB Last Updated 2020-09-29T03:46:26Z

Manfaat Wudhu Untuk Kesehatan

ASK
Manfaat Wudhu Untuk Kesehatan

Sebagaimana sholat yang menyimpan banyak keajaiban dalam segi kesehatan dan segi filosofinya. Ternyata wudhu pun tak jauh beda. Ada banyak hilmah kesehatan yang bisa kita peroleh. Dan sebagian kecil diantaranya Allah telah menyibakkan rahasia dibalik perintahNya untuk berwudhu melalui tangan-tangan para ilmuan. penasaran apa saja hikmahnya.

1. Pijat Refleksi Air
Dr.Magomedov, asisten lembaga General Hygiene and Ecology di Dagestan State Medical Academy, dalam artikelnya yang berjudul Muslims Rituals and Their Effect on the Person’s Health. Mengemukakan keterangan bahwa wudhu dapat menstimulasi atau merangsang irama tubuh secara alami.
Pada tubuh terdapat area yang disebut Biological Active Spots atau BASes alias titik aktif Biologi. BASes memiliki kemiripan dengan titik-titik refleksi ala Cina. BASes pada tubuh berjumlah sekitar 700, dan 65 diantaranya memiliki efek refleksi cepat yaitu hanya dengan usapan saja bisa aktif. Sementara sisanya harus dipijat atau ditusuk dengan jarum untuk mengaktifakannya. Dr. Magomedov juga menyatakan bahwa 61 dari 65 titik tadi merupakan bagian-bagian yang dibasuh ketika wudhu. Dengan demikian sebenaranya pada saat kita berwudhu kita telah melakukan hidromassage yaitu pemijatan menggunakan media air. Selain itu dengan berwudhu kita juga melancarkan metabolisme tubuh kita. Karena ujung jutaan syaraf yang berhubungan dengan sistem Metabolisme tersebar di sepanjang permukaan kulit. Contoh saat membasuh muka pijatan akan memberikan efek positif pada usus, ginjal dan system saraf maupun reproduksi. Membasuh telinga akan merangsang penurunan tekanan darah, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kekhusu’uan ketika Sholat.


2. Mencegah Infeksi Kuman
Menurut dr. M. Aron Pase, kulit merupakan organ terbesar tubuh kita yang fungsi utamanya untuk membungkus tubuh, melindungi tubuh dari berbagai kuman, racun, radiasi, mengatur suhu tubuh dan merupakan salah satu sistem ekskresi. Dengan fungsi yang sedemikian banyak maka kestabilan kulit begitu penting. Kestabilan kulit ditentukan oleh derjat keasaman (pH) dan kelelmbaban. Bersuci merupakan salah satu cara menjaga kestabilan kulit karna pada saat wudhu kulit mengalami peremajaan dan pencucian kulit, selaput lendir, pori kulit, rongga mulut, hidung dan telinga. Membasuh wajah dapat meremajakan sel-sel kulit muka, membantu mencegah keriput. Berkumur-kumur berarti membersihkan rongga mulut dari penularan penyakit. Memasukan air ke hidung sampai tenggorokan juga bermanfaat mensucikan selaput dan lendir hidung yang tercemar oleh udara kotor dan kuman. Tak hanya itu, mengusap telinga sampai membasuh kaki juga berkhasiat mencegah kuman.

3. Mencegah Kanker Kulit
Mukhtar Salem dalam bukunya. Prayers: aSport for the Body and Soul, menjelaskan bahwa Wudhu juga berkhasiat mencegah Kanker kulit. Kanker Kulit biasanya lebih banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit, terutama bagian yang tidak tertutup pakaian. Dengan berwudhu kita berupaya membersihkan kulit kita dari bahaya lingkungan yang mengancam kesehatan kita. Sekaligus membersihkan hati kita dari bahaya penyakit-penyakit hati.

4. Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater sekaligus neurolog berkebangsaan Austria. Ia menemukan sesuatu yang menakjubkan dalam wudhu karena mampu merangsang pusat syaraf dalam tubuh manusia. Karena keselarasan air dengan wudhu dan titik-titik syaraf, kondisi tubuh senantiasa akan sehat. Dari sinilah ia akhirnya memeluk Islam dan mengganti namanya menjadi Baron Omar Rolf Ehrenfels.
×
Berita Terbaru Update