Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menanam kentang di polybag secara organik

Kamis, 10 September 2020 | September 10, 2020 WIB Last Updated 2020-09-10T15:08:18Z

Menanam kentang di polybag secara organik

#ASK
Untuk menanam kentang secara organik di polybag untuk pupuk dasar hanya dibutuhkan pupuk sangkar saja, akan tetapi ada baiknya anda campur dengan bokashi kalau ada. Jika tidak ada cukup pupuk sangkar saja. Pemberian pupuk sangkar untuk tanaman kentang secara organik akan jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan penanaman kentang secara konvensional. Pemberian pupuknya mampu ada berikan 2 kali lipat ( 2 - 3 kg ) pupuk sangkar pertanaman.
Untuk pupuk susulan mampu anda beli di toko pertanian berupa pupuk organik, Baca aturan pakainya dan usahakan dosis derma pupuk tidak melebihi anjuran.
Cara membuat media tanam yang baik mampu anda baca disini :
Menanam kentang di polybag secara organik

Persiapan Bibit kentang
Bibit kentang diambil dari kentang yang telah kita simpan selama 3,5 bulan dimana kentang-kentang mulai mengeluarkan tunas dengan panjang 2-3 cm dan terdapat 3-5 tunas. Pilihlah bibit kentang yang sehat dan padat.

Penanaman kentang
Setelah Meida tanam polybag berukuran 50x80 cm dan bibit kentang sudah siap,langkah selanjutnya ialah kita menanam kentang dengan melubangi media tanam sedalam 5-7 cm kemudian masukkan bibit kentang dan tutup dengan tanah.

Pemeliharaan tanaman kentang polybag
Untuk pemeliharaan kentang dalam polybag jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan kita menanam kentang di area luas yang mana gulma-gulma cepat tumbuh serta penyebaran penyakit cepat. Sedangkan untuk di polybag penyebaran penyakit yang biasanya menyebar melalui air jauh lebih kecil. Bersihkan polybag kalau ada gulma atau rumput yang tumbuh alasannya ialah itu akan mengganggu pertumbuhan kentang. Berikan air secukupnya bila keadaan media tanam kering.
Pemupukkan dilakukan lagi setelah tanaman berumur 21 dan 45 hari setelah tanam.

Panen kentang di polybag
Pada usia 3-4 bulan biasanya harus umbi dipanen. Panen umbi harus dilakukan satu ahad setelah tanaman telah semua mati, ditandai dengan kekeringan pada daun dan ujung batang dan kulit umbi yang kuat.
Cara panen kentang dalam polybag cukup mudah, cukup robek polybag  dari atas ke bawah dengan menggunakan pisau. Penyobekan dilakukan dengan hati-hati biar tidak memotong umbi kentang.

#ASK

×
Berita Terbaru Update