Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

MENGENAL BURUNG HWAMEI / WAMBI

Kamis, 03 September 2020 | September 03, 2020 WIB Last Updated 2020-09-03T12:53:15Z

MENGENAL BURUNG HWAMEI / WAMBI

MENGENAL BURUNG HWAMEI / WAMBI

ASK
MENGENAL BURUNG HWAMEI / WAMBI
Burung Hwamei atau wambi dengan nama latin garrulax canorus adalah burung yang bukan berasal dari negara kita,melainkan berasal dari negri tirai bambu yakni negri CHINA.burung hwamei banyak di pelihara oleh penghobi burung indonesi akibat perdahangan impor ekspor dari negeri China tersebut.Namun burung yang mempunyai warna dominan coklat tersebut belakangan ini mulai jarang di temukan bahkan jarang ada yang memeliharanya.terdengar kabar dari sesama penghobi dan sebagian kecil masyarakat,burung hwamei jarang di temukan dikarenakan pada awal tahun 2000-an pemerintah indonesia menghentikan import semua burung dari negeri China dan termasuk burung Poksay, Robin, Jalak Hongkong, Sama dan yang lainnya.karena pada saat itu negeri China terserang wabah flu burung (SARS) yang beritanya menggemparkan jagat raya,dan flu burung diketahui sangat membahayakan kelangsungan hidup manusia.sejak kejadian itu,kini burung Hwamei perlahan-lahan hilang dan sangat langka.
MENGENAL BURUNG HWAMEI / WAMBI

Asal usul dari nama burung Hwa mei diambil dari bahasa asalnya yaitu negara China yang berarti alis yang di cat, karena memang burung ini memiliki ciri fisik yakni pada matanya terdapat alis putih tebal seperti di cat sehingga di namakan Hwa mei "alis yang di cat". Huamei terkenal dengan burung yang bersuara merdu,lantang dan banyak variasi berbeda.karakter suaranya berbeda dengan burung kicauan lainnya sehingga burung ini mampu memikat para pecinta burung di dunia. Burung ber alis putih ini mempunyai sifat Fighter yang pemberani dan sangat tempramental atau mudah marah,sehingga pada daerah asal aslinya yakni negara china burung hwamei kerap di jadikan burung aduan layaknya sabung ayam,jika begitu sedikit banyak setiap hari burung hwamei pasti ada yang mati akibat perkelahian tersebut.hal ini tidak patut kita tiru,karna akan berdampak buruk pada minimnya populasi yang di sebabkan kematian.tidak seperti di indonesia yang melombakan burung ini karena keunikan suara kicauannya,dan inilah yang patut kalian tiru.

Burung ini termasuk burung Monogami layaknya burung Lovebird, yakni hanya mengawini dan berkembang biak dengan satu pasangan betina saja,namun berbeda lagi jika burung tersebut sudah masuk ke dalam sangkar ternak atau penangkaran. Pada musim kawin hwamei betina akan bertelur sebanyak 3-5 butir, telurnya berwarna biru kehijauan, yang akan dieraminya selama 15 hari. Setelah piyik menetas, induk jantan dan betina sama-sama merawat dan memberi makan anak-anaknya hingga umur 2 minggu.Sungguh miris selama ini masih belum ada seseorang yang menangkarkan burung hwamei,padahal sangat di sayangkan mengingat burung hwamei sulit untuk di dapatkan serta banyak para peminat yang ingin ikut serta memelihara. Meskipun kita jumpai ada yang menjual hwamei di pasar,yang jelas harganya pasti mahal,karna burung hwamei adalah burung impor dari daerah china.
MENGENAL BURUNG HWAMEI / WAMBI

Habitat burung hwamei yang keseluruhan bulu tubuhnya berwarna cokelat ini hidup di dataran tinggi tepatnya antara 1800 meter dari permukaan laut.kesehariannya sibuk mencari makan,sering terbang berdua dengan pasangannya bahkan hanya sendirian.kerap di temukan di daerah hutan terbuka, hutan sekunder, taman, kebun dan di semak-semak belukar yang dekat dengan aliran air sungai.berkicau dengan lantang dan sering di temukan berkelahi karena berebut pasangan serta makanan sesama burung hwamei lainnya pada pohon-pohon yang lebat dan rindang. Makanan utama dari burung ini ialah buah-buahan dan serangga kecil untuk di jadikan pelangkap nutrisinya.

Burung hwamei atau wambi ini memang mempunyai kualitas suara yang sangat bagus,namun sangat di sayangkan kelas untuk burung hwambi jarang ada yang membuka pada dunia perlombaan.sebagian besar masyarakat dan para penghobi merawat burung hwamei untuk di jadikan bahan hiburan di rumah dan kerap di mnfaatkan untuk di jadikan guru vocal burung gacoan atau andalan. Gaya berkicau dan gaya tarung burung hwamei sangat cocok sebagai gandeng burung murai batu,kacer,cucak hijau dan jalak suren.

#ASK
×
Berita Terbaru Update