Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

MENGENAL BURUNG SAMYONG

Minggu, 06 September 2020 | September 06, 2020 WIB Last Updated 2020-09-06T11:37:41Z

MENGENAL BURUNG SAMYONG

ASK Burung samyong adalah burung endemik yang berasal dari Indonesia. Burung ini berasal dari Nusa Tenggara, lebih tepatnya lagi di Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan di Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
MENGENAL BURUNG SAMYONG

Untuk burung yang berasal dari wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki nama latin Pachycephala nudigula, sedangkan yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki nama latin Pachycephala nudigula ilsa. Oleh penduduk asli burung ini di panggil dengan sebutan garugiwa yang artinya adalah burung arwah, terlepas dari mitos yang beredar mungkin nama tersebut diberikan karena pada saat burung itu berbunyi hanya suaranya saja yang terdengar namun wujud burung itu tidak terlihat, karena burung itu berada di atas ranting di atas pohon-pohon yang amat sangat tinggi.
MENGENAL BURUNG SAMYONG

 Selain garugiwa, burung ini juga menyandang gelar burung 1001 suara, hal ini karena memang banyak sekali jenis suara burung asli di alam yang dapat di bawakan oleh burung samyong ini.
Di habitat aslinya burung samyong aktif dan senang bertengger di atas pohon yang tingginya sekitar 10 meter. habitatnya berada di sekitar 1400mdpl (meter diatas permukaan laut). burung yang berada di bawah 1400 mdpl dapat mengeluarkan sekitar 12 jenis suara, sedangkan yang berada di atas 1400 mdpl dapat mengeluarkan sekitar 17 jenis suara.

Burung samyong aktif berbunyi mulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 siang.
Burung samyong merupakan burung yang bersifat teritorial dan burung yang penyendiri. Pada saat aktif bersuara burung ini menempati area yang sama dengan luas wilayah sekitar 500 meter persegi.

#ASK
×
Berita Terbaru Update