Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menyembuhkan Burung Yang Sudah Terlanjur Kegemukan

Rabu, 02 September 2020 | September 02, 2020 WIB Last Updated 2020-09-03T06:57:41Z

Menyembuhkan Burung Yang Sudah Terlanjur Kegemukan

Menyembuhkan Burung Yang Sudah Terlanjur Kegemukan

ASK Menyembuhkan Burung Yang Sudah Terlanjur Kegemukan
Penyembuhan burung dari kegemukan caranya bisa di bilang sama atau tidak jauh beda dengan pencegahan,hanya saja ada sedikit tambahan dan perbedaan mengenai durasi dan jumlah dalam cara tersebut.jika burung peliharaan kalian sudah terlanjur mengalami penyakit obesitas maka cara di bawah ini wajib kalian coba untuk di terapkan pada burung kalian yang sedang sakit.

A). Pangkas pemberian pakan berupa EF (ekstra fooding).jika semula pemberian jangkrik porsinya pagi 3 ekor dan sore 3 ekor di pangkas menjadi pagi 1 ekor dan sore 1 ekor.
Untuk pemberian kroto yang semula biasanya 3 kali dalam seminggu sebanyak 1 sendok makan di pangkas menjadi 2 kali dalam seminggu sebanyak 1 sendok teh.

B). Persediaan pakan harian berupa voer dan biji-bijian (untuk burung pemakan biji-bijian) di pangkas sekiranya cukup untuk kelangsungan hidupnya dalam sehari.ketika malam hari ambil wadah berisi sisa voer/biji-bijian serta wadah berisi air agar beristirahat tanpa adanya makanan dan minuman di malam hari.burung yang selalu makan pada saat malam hari tentunya tidak baik karna sehabis makan burung pasti akan melakukan kegiatan untuk tidur sehingga makanan yang ia konsumsi akan banyak menjadi lemak.

C). Lakukan pola pemandian secara teratur setiap hari terutama pada saat pagi dan sore.hal ini selain berfungsi memperindah bulu juga berfungsi agar burung sedikit bergerak.selesai pemandian burung biasanya aktif untuk bergerak berupaya mengeringkan bulu-bulunya,sehingga membantu melancarkan peredaran darah dan mengencangkan otot-ototnya.

D). Genjot penjemuran,yang semula 2 jam di tambah menjadi 4 jam,intinya jangan melebihi jam 12 siang.penjemuran bertujuan membakar lemak dan banyak mengeluarkan kalori di dalam tubuhnya sehingga tidak menjadi daging melainkan menjadi tenaga.

E). Lakukan therapy sauna dengan cara burung di jemur pada sinar terik matahari langsung namun sangkar tetap dalam keadaan di kerodong.sebelum melakukan therapy upayakan kerodong di bikin basah terlebih dahulu dengan cara di sprayer.lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu  selama 2 jam saja.

F). Khusus burung pemakan buah dan biji-bijian,berikan sayur dan buah lebih banyak dan rutin ketimbang makanan lainnya.sayur dan buah banyak mengandung serat alami dan mampu menetralkan racun serta lemak di dalam tubuh.

G). Buat burung selalu aktif bergerak terutama di saat pagi hari.dalam hal ini kita bisa menggunakan media sangkar umbaran yang berukuran besar,jika hal ini tidak memungkinkan atau kalian tidak mempunyai sangkar umbaran,maka boleh kita ganti dengan cara melepas burung di dalam ruangan tertutup yang aman dari hewan pemangsa dan berbahaya lainnya.cara ini juga diyakini mampu melatih mental dan pernafasan pada burung jenis apapun.

H). Ganti sangkar hariannya,yang semula berukuran mini di ganti ke ukuran yang lebih jumbo.jumlah tangkringan juga di tambah sebagai antisipasi burung agar aktif untuk bergerak.
×
Berita Terbaru Update