Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Perangkat Keras untuk Mengakses Internet

Selasa, 08 September 2020 | September 08, 2020 WIB Last Updated 2020-09-09T06:19:17Z

Perangkat Keras untuk Mengakses Internet

ASK

1. Akses Internet melalui Dial up

Untuk melakukan dial up connection, dibutuhkan perangkat-perangkat keras, antara lain :

·       Komputer

·       Modem

·       Saluran telepon

Modem berfungsi mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya, dari kabel telepon sehingga komputer dapat terhubung dengan internet.

Untuk PC (Personal Computer), biasanya menggunakan modem dial up yang dihubungkan dengan line telepon. Modem dial up dibagi menjadi dua, yaitu midem internal yang dipasang di dalam komputer pada slot ekspansi yang tersedia dan modem eksternal dipasang dengan menggunakan kabel communication atau serial.

Modem internal memiliki kecepatan untuk mendownload informasi 56 kbps. Selain modem dial up terdapat pula modem ADSL. Modem ADSL memiliki kecepatan tinggi, dikembangkan dengan teknologi Discrate Mutli Tone (DMT).

2. Akses Internet Melalui Jaringan Wifi

Wifi adalah jaringan tanoa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Kelemahan akses internet melalui Wifi adalah tidak stabil karena media yang digunakan adalah gelombang elektromagnetik yang rentan terhadap cuaca.

Perangkat keras yang menggunakan Wifi seperti PDS, laptop, atau notebook yang dilengkapi Wifi card dapat langsung digunakan untuk akses internet.

3. Akses Internet Melalui Jaringan LAN

Akses internet dengan menggunakan LAN biasa digunakan untuk melayani pemakaian dengan jumlah banyak. Akses internet melalui jaringan LAN menggunakan komputer sebagai server yang dihubungkan dengan penyedia layanan internet melalui telepon, baik kabel maupun nirkabel.

4. Akses Internet Melalui GPRS

Akses internet melalui GPRS menggunakan gelombang radio sebagai penghubung komputer dengan jaringan internet. Akses internet ini membutuhkan telepon seluler dan sim card yang dilengkapi fasilitas GPRS.  Akses dengan GPRS ini memilki kelebihan, yaitu akses dapat dilaksanakan walaupun alat komunikasi atau pengguna bergerak. Adapun kekurangan dari akses internet ini, yaitu kalian harus melakukan setting tertentu pada ponsel, padahal setiap merk handohone dan operator seluler memiliki cara tersendiri untuk mengaktifkan GPRS.

5. Akses Internet Melalui TV Kabel

Modem yang digunakan adalah cable modem. Cable modem mempunyai kecepatan akses yang tinggi. Untuk dapat mengakses internet melalui cable modem, pengguna harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP. Pemasangan jaringan internet dengan cable modem lebih rumit dari jenis modem lainnya.

Pendaftaran dengan cable modem menggunakan MAC Address. Makin tinggi kecepatannya maka akan mempersingkat waktu koneksi hingga menghemat biaya pulsa telepon.

Ada beberapa syarat tang harus dipenuhi dalam mengakses internet melalui TV Kabel, yaitu :

·       Berlangganan dengan penyedia layanan TV Kabel yang memiliki layanan inernet.

·       Perangkat komouter standar yang dilengkapi dengan sistem operasi dan perangkat lunak lainnya yang mendukung akses internet.

·       Menggunakan modem khusus yang dirancang untuk TV Kabel.

Ethernet Card.

#ASK
×
Berita Terbaru Update