Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet

Selasa, 08 September 2020 | September 08, 2020 WIB Last Updated 2020-09-09T06:33:32Z

Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet

ASK
Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet
Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet

1. Sistem operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan antara aplikasi dan perangkat keras agar dapat dijalankan. Saat ini, banyak sistem operasi, namun yang paling banyak digunakan adalah Windows, Linux untuk PC berbasis intel, dan MacOs untuk sistem operasi berbasis Macintosh.

2. Aplikasi Browser

Aplikasi browser berfungsi menampilkan informasi yang diperoleh dari internet. Internet Explorer adalah browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet.

Sementara itu, Mozilla Forefoxmerupakan browser favorit setelah Internet Explorer. Mozilla Firefox memiliki fitur yang memberikan beberapa keuntungan bagi penggunanya, yaitu pengguna tidak perlu membuka satu jendela browser hanya membuka satu URL.

URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locators yang berarti suatu “pathname” untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Di dalam URL terdapat informasi nama mesin/host yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses web.

3. Aplikasi Opsional 

Selain pernagkat lunak berupa sistem operasi dan aplikasi browser, adapula perangkat lunak yang opsional, artinya tanpa perangkat lunak, pengguna masih dapat mengakses internet. Beberapa aplikasi opsional antara lain :

·       Aplikasi e-mail, seperti Microsoft Outlook, Outlook Express, dan Mozilla Thunderbird.

·       Aplikasi chatting, seperti mIRC, ICQ, dan Yahoo Messenger.

·       Aplikasi pengelola download, seperti Flashget dan Internet Download Manager.

#ASK
×
Berita Terbaru Update