Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Perawatan dan Setelan Harian Burung Tledekan Yang Benar

Rabu, 02 September 2020 | September 02, 2020 WIB Last Updated 2020-09-03T06:46:08Z
Perawatan dan Setelan Harian Burung Tledekan Yang Benar

Perawatan dan Setelan Harian Burung Tledekan Yang Benar

ASK Perawatan dan Setelan Harian Burung Tledekan Yang Benar
1.Pagi sekitar jam 06.00 usahakan Burung tledekan kalian gantang di luar agar terkena udara sejuk dan embun di pagi hari. (Dalam tahap ini saya awali mulai pada hari senen).

2.Jam 07.00 pagi burung kalian mandikan sembari membersihkan sangkar hariannya.pemandian boleh memakai sprayer atau memakai sangkar keramba (sesuai kebiasaan).

3.Sehabis mandi taruh pakan berupa voer kering serta pakan ef pada cepuk yang sudah tersedia (jangan kasih pakan ef langsung dari tangan).pakan ef tersebut antara lain jangkrik 2 ekor jangkrik yang sudah di potong bagian kepala dan semua kakinya dan ulat hongkong sebanyak 5 ekor yang sudah di buang bagian kepalanya (ulat hongkong berwarna putih lebih baik).

4.Jika semuanya kelengkapan sudah siap tersedia maka tahap selanjutnya kita lakukan penjemuran.durasi penjenuran bisa kalian terapkan selama 2 jam,dam selama proses ini berlangsung di usahakan burung tledekan jangan kalian pertemukan dengan burung lain atau sejenis.

5.Selesai penjemuran tepatnya jam 09.00 pagi pindah gantangan ke tempat teduh selama 15 menit.hal ini bertujuan untuk di angin-anginkan dan bertujuan agar penglihatan kembali normal akibat terlalu lama terkena sinar matahari.

6.Kerodong sangkar dan pindah gantangan pada tempat tertutup atau di dalam ruangam.pada masa ini pemasteran wajib kalian terapkan.master burung tledekan memakai media elektronik atau alat musik yang lain dengan suara burung fighter paforit seperti suara burung ciblek,lovebird,kenari,cucak jenggot,branjangan dan lain sebagainya.

7.Jam 03.30 sore burung tledekan kembali kalian gantang di luar rumah dan jangan lupa buka kerodong sangkarnya.berikan ia kembali pakan berupa EF persis seperti cara di atas.pada proses ini burung tledekan boleh kalian pertemukan dengan burung sejenis atau lainnya,namun jarak gantangan jangan terlalu dekat (minimal berjarak 5 meter.

6.Jam 05.00 sore sangkar kembali kalian kerodong dan gantang kembali di dalam ruangan.tahapan ini bertujuan agar burung beristirahat malam.pada proses ini burung tledekan wajib kalian master kembali dengan volume tipis saja hingga menjelang pagi kembali,intinya burung bisa mendengar suara masteran,jadi masalah volume kalian bisa atur sendiri.

7.Dua kali dalam seminggu kalian kasih pakan EF berupa kroto segar sebanyak satu sendok makan.dan berikan multivitamin tambahan yang bisa kalian dapatkan di toko dan kios burung terdekat yang sudah menjadi kepercayaan."Jangan sekali-kali kalian konsumsikan multivitamin pendongkrak birahi buat burung penangkaran".

8.Khusus hari minggu bisa kalian terapkan pola perawatan yang berbeda.misalnya burung kalian full kerodong namun jangan lupa masalah pakan berupa ef dan voer jangan sampai lupa kalian sediakan.atau boleh kalian lakukan cara lain semisal melatih mental dengan cara latihan bersama dengan burung kerabat yang berjenis sama (duarasi latihan jangan terlalu lama,maksimal 30 menit).
Cara lain yang lebih baik yaitu melatih pernafasan burung dengan cara menaruhnya ke sangkar umbaran selama setengah hari (dari jam 07.00 pagi sampai jam 12.00 siang).

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan hari ini.jangan lupa like dan bantu share kepada yang lain.
Terima kasih dan semoga bermanfaat.
×
Berita Terbaru Update