Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PERBEDAAN BURUNG HWAMEI / WAMBI JANTAN DENGAN BETINA

Kamis, 03 September 2020 | September 03, 2020 WIB Last Updated 2020-09-03T12:58:09Z

PERBEDAAN BURUNG HWAMEI / WAMBI JANTAN DENGAN BETINA

PERBEDAAN BURUNG HWAMEI / WAMBI JANTAN DENGAN BETINA

ASK
PERBEDAAN BURUNG HWAMEI / WAMBI JANTAN DENGAN BETINA
Burung hwamei yang banyak diburu ialah burung hwamei yang berkelamin jantan,kenapa demikian?hwamei jantan di kenal dengan burung yang pandai menirukan suara burung lain suara kicauan lebih berfariasi,cepat menjadi gacor,volume lantang dan mental tempur yang lebih kuat. Meski sulit utuk membedakan burung yang berkelamin jantan, namun beberapa tips berikut ini bisa menjadi panduan bagi kalian dalam mengidentifikasi jenis kelamin burung wambi. Ciri-ciri burung hwambi berkelamin jantan antara lain.

 - Ukuran tubuh dan postur wambi jantan lebih ramping dan lebih panjang dari burung betina yang cenderung lebih bongsor atau lebih gemuk.hal tersebut kemungkinannya karena burung jantan lebih aktif bergerak,sehingga pembakaran lemak dalam tubuhnya lebih banyak dari pada burung betina. Burung betina lebih banyak diam dan kurang aktif,apalagi di saat mau bertelur sampai masa inkubasi.

- Lubang hidung (nares) jantan sedikit lebih maju atau menonjol, sedangkan burung betina sedikit lebih ke belakang. Lubang hidung burung jantan berbentuk lonjong,sedangkan lubang hidung burung betina cenderung bulat.
PERBEDAAN BURUNG HWAMEI / WAMBI JANTAN DENGAN BETINA

- Hwambi jantan memiliki telapak kaki dan jari-jari yang kuat,kokoh,tebal dan berisi. Hal ini kemungkinan untuk di jadikan alat pertahanan sesuai dengan karakter burung jantan yang bersifat fighter dan agresif atau sering bertarung menggunakan cakarnya yang kuat.

- Hwambi jantan memiliki lehar lurus,panjang,dan kekar,dengan garis-garis bulu lebih tajam dan akan terlihat ketika burung meliukkan lehernya.sedangkan burung betina memiliki leher pendek, dengan garis-garis bulu yang lebih halus ketika leher meluik.

- Tulang panggul atau supit urang pada hwambi betina lebih lebar dari pada burung jantan yang lebih sempit. Adapun vent / kloaka pada burung jantan memiliki permukaan yang lebih menonjol. Vent pada wambi betina tampak lebih datar dan lebar.
PERBEDAAN BURUNG HWAMEI / WAMBI JANTAN DENGAN BETINA

- Secara umum burung hwambi jantan biasanya memiliki bulu ekor yang lebih panjang sehingga terlihat lebih gagah dari pada betina yang memiliki ekor yang lebih pendek.

- Hwambi jantan biasanya memiliki kelopak mata yang berwarna lebih kebiruan dari pada betina. Ketika burung dipegang, mata burung jantan tampak melebar. Adapun mata burung betina cenderung tertutup.Mata burung jantan lebih bulat dan besar melotot,memiliki penglihtan yang lebih tajam saat memantau mangsa.

Itulah beberapa tips membedakan burung hwambi jantan dan betina. Meski tidak menjadi patokan dasar dalam pemilihan burung hwambi jantan, tetapi sedikit banyak semoga bisa membantu anda.

#ASK
×
Berita Terbaru Update