Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI HANDPHONE

Selasa, 08 September 2020 | September 08, 2020 WIB Last Updated 2020-09-09T06:44:37Z

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI HANDPHONE

ASK
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI HANDPHONE
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI HANDPHONE

 Menurut waktunya, perkembangan teknologi komunikasi dibagi 2, yaitu:

1. Masa Kuno (Lampau)

Alat komunikasi masa lalu masih sangat sederhana dibandingkan sekarang.peralatannya masih menggunakan bahan bahan dari alam. Contoh media komunikasi masa lalu adalah sesuatu yang lebih manfaat yaitu informasi. Secara umum komunikasi data dapat dikatakan sebagai hubungan lebih satu komputer dalam suatu jaringan komputer  dengan tujuan informasi sharing, resource sharing, file transfer, teleconfrence dan sebagainya (Tanenbaum, Andrew S., (1996) Computer Network, Thrid Edition, PT Prenhallindo dan Pearson Education Asia Pte.Ltd).
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI HANDPHONE

 2. Masa Sekarang (Modern)

Semenjak ditemukannya alat komunikasi untuk pertama kalinya, alat komunikasi ini terus mengalami perkembangan. Media komunikasi masa lalu pun turut mengalami kemajuan dan menjadi lebih praktis.

Contoh media komunikasi masa sekarang adalah:

a.Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni sateli alam dan satelit buatan. Sisa artikel ini akan berkisar tentang satelit buatan.

b.Modem, yaitu perangkat hardware yang dipasangkan pada komputer dan berfungsi mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Modem memungkinkan kita mengakses internet.

c.Telepon, yaitu alat telekomunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima suara secara langsung (real time) dari jarak jauh melalui jaringan telepon atau sinyal listrik.

d.Handphone, ini adalah perkembangan dari telepon. Seperti namanya, telepon genggam memungkinkan kita untuk berkomunikasi dari jarak jauh tanpa sambungan kabel

 Tujuan Komunikasi Data

Mengirim data dalam jumlah besar dan waktu yang singkat dengan cara yang efisien dan ekonomis dari suatu tempat ke tempat lain tanpa ada kesalahan.

 Keuntungan Komunikasi Data

memungkinkan penggunaan komputer atau terminal secara terpusat (sentralisasi) maupun tersebar (desentralisasi) sehingga mendukung menajemen dalam hal kontrol.

mempermudah kemungkinan pengolahan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer.

mengurangi waktu untuk pengolahan data

mendapatkan data langsung dari sumbernya (mempertinggi kehandalan).

mempercepat penyebaran informasi.

Faktor yang harus diperhatikan pada komunikasi data



Protokol yang digunakan

Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan, misalnya mengirim pesan, data, informasi, dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan sisi penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda sama sekali.

 Media Transmisi

Media transmisi harus efisien, biasanya karakteristik media transmisi adalah kemampuan besar data yang dapat ditampung (bandwidth), redamannya, daya yang dapat ditampung oleh transmisi, dan waktu yang dibutuhkan oleh transmisi.

 Lalu lintas data (Traffic)

Lalu lintas data biasanya dipengaruhi oleh jumlah dan lokasi dari terminal dan komputer, kepadatan lalu lintas, prioritas / urgensi informasi yang disalurkan.

 Keandalan sistem yang digunakan

Maksud dari keandalan sistem disini adalah mudah atau tidaknya sistem terserang ancaman dari luar yang merugikan proses data tersebut.

 Kendala-kendala pada Komunikasi Data

Waktu Tanggap, waktu tanggap sistem merupakan ukuran kecepatan sistem dalam memberikan tanggapan atas input data yang dimasukan. Throughput, throughput merupakan ukuran beban dari sistem, yaitu persentase waktu yang diberikan untuk pengiriman data dengan melewati media transmisi tertentu. Faktor Manusia, manusia merupakan perancang, pembuat sekaligus pengguna sistem. Faktor manusia merupakan faktor yang sangat dominan dan menentukan lancar atau tidaknya sistem.

#ASK
×
Berita Terbaru Update