12 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

 Ask - Ask.co.id

12 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun sirih merupakan tanaman herbal yang berasal dari keluarga Piperaceae. Sejak dahulu manfaat daun sirih sudah digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan.
Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan
Kandungan Daun Sirih
Daun sirih merupakan tanaman yang mengandung kadar air yang tinggi. Sekitar 85-90% daun sirih merupakan air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Berikut ini merupakan kandungan nutrisi dalam 100 gram (g) daun sirih:

Kalori: 44 Kalori
Protein: 3-3,5%
Lemak: 0,4-1%
Iodin: 3,4 microgram (mcg)
Sodium: 1,1-4,6% 
Vitamin A: 1,9-2,9 miligram (mg)
Vitamin B1: 13-70 mcg 
Vitamin B2: 1,9-30 mcg 
Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg

Selain nutrisi tersebut, daun sirih mengandung minyak atsiri dan komponen kimiawi seperti minyak sirih dan chavicol, betel phenol, eugenol, terpene dan campene. Komponen kimiawi ini memiliki khasiat obat dan membantu dalam pengobatan dan penanganan berbagai penyakit.


Daun sirih merupakan salah satu daun yang terdapat di Indonesia yang di mana daun sirih mempunyai banyak sekali manfaatnya untuk kebugaran. kali ini kami akan membahas mengenai Manfaat Daun sirih untuk kesehatan. Adapun sebagian faedah manfaat daun sirih sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit sebagai berikut :


1. Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan organ vital yang terkandung dalam badan kita, karna itu alangkah lebih bagus bila anda merawat kebugaran jantung Anda dari ketika dini. Salah satu metode untuk menyehatkan jantung atau merawat kebugaran jantung ialah dengan mengkonsumsi daun Sirih.


2. Mengatasi Bakteri

Kadungan antibakteri yang terkandung di daun sirih bisa menolong mengatasi beragam penyakit yang dikarenakan oleh bakteri.


3. Mencegah Hipertensi

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi, banyak sekali hal-hal yang bisa mengakibatkan seseorang merasakan hipertensi. bagi Anda yang merasakan hipertensi jangan kawatir karena dengan mengkonsumsi daun Sirih bisa menolong mengatasi hipertensi yang anda Derita.


4. Mengatasi Penyakit Diabetes

Salah satu faedah dari daun Sirih serta kacang bisa menolong anda mengatasi beragam macam penyakit salah satunya ialah penyakit diabetes. penyakit diabetes ialah penyakit yang dikarenakan karena gula darah tinggi, supaya anda bisa terhindar dari beragam macam penyakit terutama penyakit diabetes alangkah lebih bagus bila anda menjauhi makanan-makanan yang manis.


5. Mencegah Pernyebaran Tumor

Tidak cuma penyakit diabetes saja namun nyatanya mengkonsumsi daun Sirih ini juga bisa berguna untuk mengatasi tumor yang sedang anda Derita. karna itu bagi Anda yang mempunyai penyakit tumor alangkah lebih bagus bila anda mencoba mengkonsumsi daun Sirih ini sebagai solusi termudah.


6. Mencegah Pernyebaran Kanker

Penyakit kanker bisa dikarenakan oleh lingkungan ataupun dikarenakan oleh faktor-faktor lain. supaya anda tak gampang terkena beragam penyakit terutama penyakit kanker alangkah lebih bagus bila anda mengkonsumsi daun Sirih ini karena daun Sirih bisa menolong untuk menghentikan pernyebaran kanker.


7. Melancarkan Aliran Darah

Daun Sirih bisa dipergunakan untuk melancarkan aliran darah. aliran darah yang tak lancar akan mengakibatkan Anda merasakan berbagai macam penyakit.


8. Baik Untuk Diet

Bagi Anda yang sedang diet Anda bisa mengimbanginya dengan mengkonsumsi daun Sirih ini karena dengan mengkonsumsi daun sirih akan membantu memperlancar program diet anda


9. Menurunkan Kolesterol

Seseorang yang terserang kolesterol. untuk mengatasi penyakit kolesterol tersebut coba mengkonsumsi daun Sirih agar terhindar dari penyakit kolesterol.


10. Sebagai Anti Inflamasi

Tidak cuma sebagai antibakteri saja namun nyatanya daun Sirih ini juga mempunyai anti inflamasi yang di mana hal tersebut mengedepankan jika daun Sirih amat baik buat merawat kebugaran serta kecantikan anda.


11. Sebagai Antioksidan

Di dalam kandungan daun sirih mempunyai banyak sekali antioksidan yang tinggi sehingga bisa menjauhkan kita dari beragam macam penyakit yang tak diinginkan, serta juga antioksidan tinggi bisa menangkal radikal bebas yang terkandung di dalam badan kita.


12. Sebagai Antibakteri

Daun Sirih juga mempunyai anti bakteri yang tinggi sehingga daun seri amat baik buat dikonsumsi.


Semoga Bermanfaat.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama