Tips Cara Perawatan Burung Cendet Saat Mabung

 Ask - Ask.co.id

Assalamualaikum.. Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Tips Cara Perawatan Burung Cendet Saat Mabung

Cara Jitu Merawat Cendet Mabung Agar Cepat TuntasTips, Cara Perawatan Burung Cendet Saat Mabung

Cara Jitu Merawat Cendet Mabung Agar Cepat TuntasTips, Cara Perawatan Burung Cendet Saat Mabung
Burung Cendet merupakan burung pemakan serangga, seperti jangkrik, belalang, kumbang dan jenis serangga kecil lainya. Cendet adalah jenis burung kicau dari jenis lanius, di Indonesia burung tersebut dikenal sebagai jenis burung petarung yang memiliki suara merdu dan bisa menirukan suara burung lain.

Burung Cendet  / Bentet kelabu kadang di sebut cendet, pentet atau toet bahasa inggrisnya The Long-tailed Shrike atau Rufous-backed Shrike adalah spesies burung dari keluarga Laniidae, dari genus Lanius.

Burung Cendet memiliki berbagai macam nama atau penyebutan di Indonesia seperti Pentet, dan ada yang menyebutnya dengan sebutan Toet karena hal itu disebabkan bunyi yang dihasilkan dari kicauannya sering bersuara toet-toet. Namun perlu diketahui bahwa burung cendet bukan hanya memiliki suara yang merdu saja, tapi burung ini memiliki suara kicauan yang bervariasi dan cocok untuk dijadikan burung masteran.


Perawtan Dan Setelan Burung Cendet Mabung

Mabung (Moulting) atau rontok bulu merupakan siklus alamiah pada keluarga burung. Perawatan burung Cendet pada masa mabung adalah menjadi hal yang sangat penting, karena apabila perawatan yang salah pada masa ini akan membuat burung Cendet menjadi rusak.
 
Pada masa mabung, metabolisme tubuh burung Cendet meningkat hampir 40% dari kondisi normal. Oleh karena itu, burung Cendet butuh asupan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi lebih besar dari kondisi normal.
 
Hindari mempertemukan burung dengan burung sejenis, karena akan membuat proses mabung menjadi terganggu. Dampak dari ini adalah ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung. Proses mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi.

Berikut ini Pola Perawatan Masa Mabung untuk burung Cendet:
  1. Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari.
  2. Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong.
  3. Pemberian porsi EF diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan  untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru. Misalnya: Stelan Jangkrik dibuat 6 ekor pagi dan 6 ekor sore, Kroto 1 sendok makan setiap pagi, Cacing 2 ekor 3x seminggu dan Ulat Hongkong 5 ekor setiap pagi.
  4. Lakukan pemasteran. Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.
  5. Berikan Vitamin dan Mineral yang berkualitas yang dicampur di air minum 2x seminggu.


Tips Mudah Perawatan Cendet Mabung Agar Cepat Tuntas

Krakter Dasar Burug Cendet
  1. Petarung yang memiliki teritorial. Apabila mendengar suara burung lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung berkobar.
  2. Ganas apabila lapar. Burung Cendet akan berlaku agresif apabila lapar.
  3. Birahi yang cenderung mudah naik. Burung Cendet sangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini. Stelan EF (Extra Fooding) yang over, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Cendet lain, dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.
  4. Mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia.



Masteran Cendet Paling Ngetop Yang Dapat Anda Coba

Burung cendet yang sanggup berhasil dimaster biasanya akan mempunyai nilai yang lebih pada dikala dilombakan. Untuk itu, berikut ini merupakan beberapa masteran cendet paling ngetop dan paling banyak diminati oleh cendet mania di Indonesia.

  1. Suara Burung Cililin
  2. Suara Kuntilanak
  3. Suara Burung Gereja
  4. Suara Burung Cucak Jenggot Alasan
  5. Suara Burung Kolibri
  6. Suara Lampiran
  7. Suara Burung Gabusan
  8. Suara Burung Tengkek Buto
  9. Suara Burung Love Bird
  10. Suara Burung Sogok Ontong


Semoga bermanfaat.


Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.

Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama