Doa Nabi Nuh AS

 Ask - Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Doa Nabi Nuh AS

Doa Nabi Nuh AS

Doa Nabi Nuh AS

Surat Nuh: 26-28

رَّبِّ لَا تَذَرْ عَلَى الْأَرْضِ مِنَ الْكَافِرِينَ دَيَّاراً

إِنَّكَ إِن تَذَرْهُمْ يُضِلُّوا عِبَادَكَ وَلَا يَلِدُوا إِلَّا فَاجِراً كَفَّاراً

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِناً وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَاراً

Artinya :

“Ya Tuhan-ku, janganlah Engkau Biarkan seorang pun di antara orang-orang kafir itu tinggal di atas bumi.

Sesungguhnya jika Engkau Biarkan mereka tinggal, niscaya mereka akan menyesatkan hamba-hambaMu, dan mereka hanya akan melahirkan anak-anak yang jahat dan tidak tahu bersyukur.

Ya Tuhan-ku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau Tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kehancuran.”

Tafsir :

Dan berkatalah Nuh, Rabbi, janganlah Engkau membiarkan di antara orang-orang kafir itu tinggal di atas bumi.

Wa qāla nūhun (dan berkatalah Nuh) setelah Rabb-nya Berfirman kepada dia, … sekali-kali tidak akan beriman di antara kaummu kecuali orang-orang yang telah beriman itu …. (Q.S. 11 Hud: 36).

Rabbi (Rabbi), yakni ya Tuhan-ku.

Lā tadzar ‘alal ardli minal kāfirīna dayyārā (janganlah Engkau membiarkan di antara orang-orang kafir itu tinggal di atas bumi) seorang pun.

 Sesungguhnya jika Engkau Membiarkan mereka, niscaya mereka akan menyesatkan Hamba-hamba Engkau. Dan mereka tidak akan melahirkan kecuali orang yang durhaka lagi sangat kafir.

Innaka iη tadzarhum yudlillū ‘ibādaka (sesungguhnya jika Engkau Membiarkan mereka, niscaya mereka akan menyesatkan Hamba-hamba Engkau), yakni menyesatkan orang-orang yang telah beriman kepada Engkau dan orang-orang yang hendak beriman kepada Engkau.

Wa lā yalidū (dan mereka tidak akan melahirkan), yakni dan tak akan lahir dari mereka ….

Illā fājirang kaffārā (kecuali orang yang durhaka lagi sangat kafir), yakni kecuali orang-orang yang durhaka dan kafir ketika mereka dewasa. Menurut satu pendapat, kecuali orang-orang yang telah Engkau Takdirkan berada dalam kekafiran dan kedurhakaan ketika mereka dewasa. Dan ada pula yang berpendapat, di antara mereka tidak terdapat seorang anak-anak pun, sebab Allah Ta‘ala telah Menghalangi mereka memiliki anak selama empat puluh tahun. Sehingga di antara mereka hanya terdapat orang-orang dewasa saja. Selama empat puluh tahun tak ada (seorang ibu pun) yang melahirkan anak di antara mereka. Mereka semua adalah orang-orang dewasa yang durhaka lagi sangat kafir.

 Ya Tuhan-ku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman, dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan.

Rabbi (Rabbi), yakni ya Tuhan-ku.

Ighfir lī wa li wālidayya (ampunilah aku dan ibu-bapakku), yakni bapak-bapakku yang beriman.

Wa li maη dakhala baitiya (serta orang-orang yang masuk ke dalam rumahku), yakni ke dalam agamaku.

Mu’minaw wa lil mu’minīna (dengan beriman, dan kaum Mukminin), yakni orang-orang yang membenarkan dari kaum laki-laki.

Wal mu’mināt (dan kaum Mukminah), yakni kaum perempuan yang membenarkan dengan jalan beriman, yaitu orang-orang yang akan ada sesudahku.

Wa lā tazidizh zhālimīna (dan janganlah Engkau menambahkan kepada orang-orang zalim itu), yakni kepada orang-orang kafir dan orang-orang musyrik.

Illā tabārā (selain kebinasaan), yakni selain kerugian dan kehancuran, sebagaimana meruginya orang-orang yang telah disampaikan wahyu kepada nabi mereka, tapi mereka tidak mau mengimaninya.


Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama