Kisah Lembu Milik Bani Israil ( Sapi Betina / AL-Baqarah )

Ask Dunia Dalam Berita - Berita Dalam Dunia.

 Ask - www.Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Kisah Lembu Milik Bani Israil ( Sapi Betina / AL-Baqarah )

pada masarakat bani israil ada seorang laki-laki yang saleh. dia mempunyai seorang anak dan seekor anak sapi betina. pada suatu hari dia membawa anak sapi tersebut ke hutan dan melepaskanya seraya berdoa kepada allah SWT.

'' Ya allah sesungguhnya aku menitipkan kepadamu sapi ini untuk anakku jika dia telah besar ''

Baca Juga : Surah Al-Baqarah (sapi betina)

Kisah Lembu Milik Bani Israil ( Sapi Betina / AL-Baqarah )

selang beberapa waktu kemudian laki laki yang saleh tersebut meninggal dunia, sedangkan sapi betina itu tetap berada di hutan selama beberapa tahun. jika ada orang yang melihatnya sapi itu lari.

setelah anak soleh itu besar, dia tumbuh menjadi anak yang berbakti dan dapat membagi waktu dengan baik. dia membagi waktu malam menjadi tiga bagian, sepertiga untuk beribadah pada allah, sepertiga untuk tidur, dan sepertiga lagi duduk disamping kepala ibunya untuk menjaga dan melayaninya.


Baca Juga : Surah Al-Baqarah (sapi betina)


apabila pagi telah tiba dia berangkat kehutan untuk mencari kayu bakar, lalu menggendong kayu bakar itu di pundaknya dan menjualnya ke pasar. dari hasil penjualan kayu itu sepertiganya dia sedekahkan, sepertiga lagi untuk dirinya sendiri, dan sepertiganya lagi untuk ibunya.


pada suatu hari ibunya berkata ''wahai anakku, sesungguhnya ayahmu telah mewariskan untukmu seekor sapi betina yang dia titipkan kepada allah SWT di hutan, berangkatlah kesana dan berdoalah kepada tuhan nabi ibrahim, ismail, isqaq, dan yakub agar dia mengembalikan sapi itu kepadamu.''

tandanya adalah apabila engkau melihatnya akan tergambar seolah- olah sinar matahari keluar dari kulitnya dan sapi itu bagaikan sapi emas, karna bagus dan kuning warnanya.


lalu datanglah anak itu kehutan dan melihat sapi tersebut sedang merumput. berteriaklah anak itu seraya berkata "AKU HENDAK MENGAMBILMU DENGAN NAMA TUHAN NABI IBRAHIM, ISMAIL, ISQAQ, DAN YAKUB."

berjalanlah sapi itu hingga berdiri dihadapanya, lalu dia memegang leher sapi tersebut dan menuntunya. tiba-tiba dengan izin allah sapi tersebut berbicara "wahai pemuda yang berbuat baik pada ibunya, tunggangilah aku karena hal itu akan lebih mudah bagimu."


pemuda itu berkata, "sesungguhnya ibuku tidak menyuruhku menunggangimu, tetapi hanya mengatakan kepadaku untuk memegang lehermu."

sapi itu berkata lagi, "demi tuhan bani israil, andaikan kamu tidak menunggangiku niscaya kamu tidak akan mampu membawaku." berangkatlah kamu dan jika kamu memerintahkan gunung agar mencabut dirinya dari dasarnya dan berjalan bersamamu, niscaya dia melakukan karena kamu berbuat baik pada ibumu.

kemudian berangkatlah pemuda itu bersama sapi tersebut menuju ibunya.


ibunya berkata kepada sang anak, "sesungguhnya kamu adalah orang fakir yang tidak mempunyai harta dan terasa berat bagimu mencari kayu bakar pada waktu siang hari, sedangkan pada waktu malam hari kamu beribadah, maka pergilah kamu ke pasar dan juallah sapi betina ini.

anak itu berkata, "berapakah saya harus menjualnya"

ibunya menjawab, "juallah tiga dinar, namun janganlah kamu menjualnya tanpa musyawarah dulu denganku."


berangkatlah pemuda  itu membawa sapi betina peninggalan sang ayah tersebut kepasar, allah SWT mengutus seorang malaikat untuk memperlihatkan kekuasaanya kepada mahluknya, serta menguji pemuda itu bagaimana balasan bagi orang yang berbuat baik pada ibunya, padahal allah SWT maha mengetahui.


lalu malaikat itu berkata kepada pemuda itu, "berapakah kamu akan menjual sapi betina itu."

pemuda itu menjawab, "aku akan menjualnya tiga dinar dan aku mensyaratkan pada keridaan ibuku dulu."

malaikat itu berkata lagi, "aku beli sapi ini seharga enam dinar, namun janganlah engkau bermusyawarah dengan ibumu."

pemuda itu menjawab, "andaikan kamu memberikan kepadaku jumlah dinar seberat sapi ini, niscaya aku tidak akan mengambilnya melainkan dengan keridaan ibuku."


lalu dia kembali kepada ibunya dan memberitahukan bahwa ada yang berani membeli dengan harga enam dinar.

ibunya berkata, " juallah dengan harga enam dinar, namun harus ada keridaanku.''

kemudian berangkatlah pemuda itu membawa sapi betina tersebut kepasar dan datanglah malaikat seraya berkata "apakah engkau telah mendapatkan persetujuan dari ibumu???"

pemuda itu menjawab, "aku telah diperintah oleh ibuku menjualnya tidak kurang dari enam dinar dengan syarat aku harus mendapat keridaanya."

malaikat itu berkata, "sesungguhnya aku akan memberikan kepadamu dua belas dinar, dengan syarat tanpa keridaan ibumu."   namun pemuda itu menolaknya, diapun kembali kepada ibunya serta memberitahukan hal itu kepadanya.


ibunya lalu berkata, " sesungguhnya yang datang kepadamu, yang hendak membeli sapi itu adalah seorang malaikat, dia datang menyerupai seorang manusia kepadamu untuk menguji kamu. apabila dia datang lagi kepadamu tanyakan kepadanya tentang sapi itu.''

saat pemuda itu bertemu malaikat, dia berkata, "apa tuan menyuruhku untuk menjual sapi betina ini atau melarangnya???"

malaikat itu berkata, "pergilah engkau kepada ibumu. katakan kepadanya untuk menahan sapi betina ini, karena nabi musa bin imran akan membelinya darimu untuk seseorang yang telah dibunuh dari bani israil. janganlah kamu menjualnya kecuali dengan jumlah dinar sepenuh kulitnya."


merekapun menahan sapi betina tersebut. dan allah SWT menetapkan kepada bani israil untuk menyembelih sapi betina itu. bani israil senantiasa bertanya kepada nabi musa as tentang sifat sapi yang akan di sembelihnya itu.

beliaupun menerangkan dengan jelas kepada mereka seekor sapi betina yang hanya satu-satunya milik pemuda yang berbuat baik kepada ibunya. hal itu sebagai anugerah dan rahmat allah azza wa jalla yang diberikan kepada pemuda tersebut.


Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.


Ask Dunia Dalam Berita - Berita Dalam Dunia.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama