Syekh Katik Sangko

Ask Dunia Dalam Berita - Berita Dalam Dunia.

 Ask - www.Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Syekh Katik Sangko

Jika anda berkunjung ke pulau angso duo, di kota pariaman. Maka anda akan mendapati sebuah makam sepanjang 4,5 meter, disanalah bersemayam syekh katik sangko, yang ceritanya turun temurun, di kota Pariaman dan kab. Padang Pariaman.

Syekh Katik Sangko

Taukan anda siapa itu syekh Katik Sangko sebenarnya?...

Cerita turun temurun dari Pariaman, katik sangko disebut sebagai kerabatnya syekh Burhanuddin, yang merupakan ulama tarekat syatariyah. dan pengembang agama islam di minangkabau, Yang dimakamkan di ulakkan, kab Padang Pariaman sumbar. Namun,  beberapa versi menyebutkan katik sangko merupakan pengawal syekh Burhanuddin.

Katik sangko datang ke pariaman bersama syekh burhanuddin, dari aceh setelah keduanya selesai menuntut ilmu dengan syek Abdurauf Singkil. Kembalinya kedua ulama-ulama ini ke ranah minang mendapat penolakan dari penganut ilmu-ilmu sihir yang masa itu masih banyak dijumpai.

Keduanya berhadapan dengan kalik kalik jantan yang mempunyai ilmu kebal senjata. Bahkan katik sangko rela kembali ke Aceh, untuk meminta petunjuk kepada syekh Abdurauf, dalam menghadapi kalik kalik jantan.

Setelah balik dari aceh, barulah kalik kalik jantan bisa di taklukkan oleh syekh Katik Sangko. Kisah ini turun temurun dan menjadi suatu hal.yang tidak terpisahkan dari kisah perjalanan Syekh Burhanuddin, untuk mengembangkan agama islam di Ranah Minang.

Makam sepanjang 4,5 meter di Pulau Angso Duo saat ini adalah makam Syekh tersebut. Dan didirikan pula sebuah surau/mushala, yang di beri nama surau katik sangko.

JANGAN LUPAKAN SEJARAH YA SOBAT, TANPA SEJARAH KITA TIDAK MUNGKIN TAU ASAL USUL YANG TERJADI DI SEKULILING KITA.

SALAM SEJARAH MINANGKABAU 

HORMATILAH GURU KITA.

semoga dapat

BERKAT DARI PADA GURU

SYAFA'AT DARI PADA NABI

DAN RAHMAT DARI ALLAH SWT.

amin.



Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.


Ask Dunia Dalam Berita - Berita Dalam Dunia.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama