Cara Menonaktifkan Fungsi Seleksi Teks di Blog Menggunakan CSS

 Ask - Ask.co.id
Cara Menonaktifkan Fungsi Seleksi Teks di Blog Menggunakan CSS
Salah satu cara untuk menghindari artikel blog Anda di copy paste adalah dengan mematikan fungsi seleksi teks di blog dengan menggunakan css.


Salah satu cara untuk menghindari artikel blog Anda di copy paste adalah dengan mematikan fungsi seleksi teks di blog dengan menggunakan css


Menonaktifkan seleksi teks atau block teks di blogger atau website dengan menggunakan css, jauh lebih aman dibandingkan jika menggunakan javascript, selain itu dengan menggunakan css tidak akan berpengaruh terhadap loading blog. 


Penggunaan kode css ini akan menonaktifkan fungsi dari klik kiri pada bagian teks namun masih bisa jika kita mengklik link atau url yang ada pada blog tersebut. Untuk mencegah agar konten atau artikel Anda terhindar dari copas bisa juga untuk mematikan fungsi klik kanan pada blog.


Menonaktifkan fungsi seleksi dengan css di blog berarti semua teks yang ada pada blog Anda tidak bisa di select atau di blok. Jika blog atau website Anda membahas mengenai coding atau bahasa pemrograman sebaiknya tidak perlu menonaktifkan fungsi seleksi ini, karena pengunjung blog Anda akan kesulitan saat akan mengcopy kode pemrograman yang mereka butuhkan. 


Namun jika Anda masih ingin tetap mematikan fungsi seleksi dengan css pada blog, sebaiknya beberapa bagian penting pada blog Anda dibiarkan agar tetap bisa di copy paste, misalnya bagian blockquote, pre, dan code. Biasanya bagian ini sering digunakan untuk menyimpan kode-kode seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, maupun kode pemrograman lainnya.



Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Blogger.com
2. Lalu masuk ke bagian Tema > klik Edit HTML
3. Copy kode css dibawah ini, kemudian Paste sebelum ]]></b:skin> atau </style>

  .post-body pre code {
 user-select:text;
 -moz-user-select:text;
 -ms-user-select:text;
 -khtml-user-select:text;
 -webkit-user-select:text
}
4. Klik Simpan tema

Kode css di atas akan menonaktifkan fungsi seleksi text yang ada pada blog Anda, sehingga blog Anda akan lebih aman terhindar dari copas.


Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama