[Ask] Perbedaan Iman, Islam, Dan Ihsan

 Ask - Ask.co.id

[Ask] Perbedaan Iman, Islam, Dan Ihsan

Bagi yg masuk di Madrasah Tsanawiyah atau MTs biasanya sudah mulai mempelajarinya. Namun bagi yang sekolah negri atau smp negeri saya sedikit kurang tau sudah mempelajarinya atau belum.

[Ask] Perbedaan Iman, Islam, Dan Ihsan

Bagi yang masih belum mengerti atau masih bertanya-tanya tentang Iman, Islam, Dan Ihsan ini, berikut sedikit memberikan penjelasannya:


Perbedaan Iman, Islam, Dan Ihsan

Iman, Islam, Dan Ihsan adalah satu kesatuan yg tidak bisa kita pisahkan sebagai umat muslim. Kita mulai dari iman adalah sebuah keyakinan untuk kita sebagai umat muslim yg menjadi dasar akidah. 


Selanjutnya dalam kita sudah mencapai keyakinan tersebut atau iman, berikutnya kita lakukan dengan berbuatan salah satunya dengan 5 rukun islam. Kemudian dilakukan secara ihsan artinya sebagai upaya mendekatkan diri atau mencari ridho Allah SWT.


Bisa kita ibaratkan sebagai bangunan rumah kita mulai dari fondasinya atau dasarnya yaitu iman, lalu kemudian dengan tembok atau bangunan lainnya kita bisa ibaratkan sebagai islam, setelah itu pasti kita membutuhkan atap atau penutup bagian atas rumah kita yang bisa kita ibaratkan sebagai ihsan.

Jika salah satu dari itu tidak ada atau rusak pastinya tidak akan sempurna dan mudah roboh.


Untuk mempelajarinya yang pertama yaitu Iman bisa dipelajari melalui ilmu Tauhid, yang menjelaskan tentang pokok-pokok keyakinan aqidah. Yang berikunya Islam berupa praktek amal lahiriah disusun dalam ilmu Fiqh, yaitu ilmu mengenai perbuatan amal lahiriah manusia sebagai hamba Allah. Sedangkan untuk mempelajari Ihsan yaitu beribadah adalah bagian dari ilmu Tasawuf.


Kita sebagai umat muslim seharusnya berusaha untuk bisa dapat iman, islam, dan ihsan dalam setiap ibadah kita kepada Allah SWT. Kita sebagai manusia diciptakan oleh Allah SWT adalah semata-mata untuk ibadah hanya karena Allah SWT dan menjahui larangan-Nya.


Mungkin dari penjelasan tersebut bisa sedikit membantu yang mencari tau perbedaan Iman, Islam, Dan Ihsan. 



Berikutnya sedikit membahas lebih mendalam tentang iman, islam, dan ihsan;

Islam adalah berserah diri sepeuhnya kepada Allah SWT dengan tauhid dan tunduk kepada-Nya. 

Untuk rukun islam yaitu Syahadat, dengan mengucapkan, bersaksi, dan niat tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah SWT, dan bahwa nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT, mendirikan sholat, meunaikan zakat, puasa ramadhan dan ibadah haji jika mampu. 


Iman adalah beriman kepada allah, malaikat-malaikatnya, kitab-kitabnya, rasul-rasulnya dan hari akhir dan beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk. 


Sedangkan ihsan adalah beribadah kepada Allah SWT seakan-akan hamba tidak melihatnya, namun Allah SWT melihat kita.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama