Pengertian Produksi Barang Dan Jasa

 Ask - Ask.co.id

Pengertian Produksi Barang Dan Jasa

Perbedaan mendasar konsep produksi barang dengan produksi jasa sebagai berikut.

Pengertian Produksi Barang Dan Jasa

Kegiatan menambah nilai guna benda dan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang sementara kegiatan menambah nliai suatu benda tanpa merubah bentuknya disebut produksi jasa.



1. Produksi barang

Produksi barang dibedakan menjadi produksi barang konsumsi dan produksi barang modal. Barang konsumsi adalah barang yang siap untuk dikonsumsi. Barang modal adalah barang yang dipergunakan untuk menghasilkan barang berikutnya. Jadi barang modal tidak dapat digunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan.


2. Produksi jasa

Produksi jasa juga dapat dibedakan atas jasa yang langsung dapat memenuhi kebutuhan dan jasa yang tidak secara langsung memenuhi kebutuhan. perawatan dokter, pendidikan guru di sekolah, pertunjukan konser adalah contoh produksi jasa yang langsung memenuhi kebutuhan. 


Hampir setiap hari kita menggunakan barang kebutuhan tertentu untuk menunjang aktivitas. lalu darimanakah asalnya barang-barang tersebut?

Jawabannya adalah kegiatan produksi. Dalam pengertian sehari-hari, produksi sering diartikan sebagai kegiatan menghasilkan barang-barang.


Membicarakan produksi maka kita akan terbayang sebuah pabrik yang sedang merakit pesawat, mobil, komputer dan barang lainnya.

Pembuatan barang-barang tadi hanya sebagian kecil dari kegiatan produksi. Dalam ekonomi, pengertian produksi tidak hanya sekedar menghasilkan barang tapi maknanya lebih luas lagi.


Menggali material dari perut bumi lalu diangkut ke lokasi pengambilan material tambang seperti emas, timah, tembaga dll adalah contoh produksi juga. mencetak tanah liat jadi batako lalu membakarnya agar keras untuk kegiatan pembangunan itu termasuk kegiatan produksi juga.

Contoh tadi dapat menjelaskan bahwa kegiatan produksi akan muncul bahan atau benda lain yang lebih siap atau lebih berguna bagi pemenuhan kebutuhan hidup. Oleh sebab itu produksi diartikan sebagai kegiatan menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.



Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama