Hancurnya Alam Semesta

 Ask - Ask.co.id - Index

Assalamualaikum.. Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Hancurnya Alam Semesta

Hancurnya Alam Semesta

 Setelah wafatnya Nabi Isa as tersebut maka beberapa tahun kemudian, orang-orang ternyata mulai banyak yang berbuat kemungkaran lagi terhadap ajaran dan larangan Allah. Kemaksiatan dan kedholiman lahir kembali yang semakin lama semakin merajalela. Maka pada hari yang ditetapkan oleh Allah, matahari dan rembulan tiba-tiba dihentikan dari peredarannya sehingga alam semesta inipun jadi gelap gulita selama kurang lebih sehari dua malam. 

Keadaanpun jadi gempar oleh tangis dan kepanikan serta kebingungan manusia. Setelah itu kemudian matahari dan rembulan muncul beriring-iringan dari ufuk barat, dan setelah sampai ditengah hari keduanya kembali lagi ke ufuk barat. Dunia-pun akhirnya semakin gempar oleh hiruk pikuk dan suara tangis manusia yang menggema diseluruh tempat, manusia saling berbondong-bondong menuju tempat-tempat ibadah untuk meminta ampunan kepada Allah penguasa seluru alam ini. Namun semua itu telah tiada berguna lagi, karena dengan adanya kejadian alam yang janggal tersebut  pertanda bahwa pintu taubat sudah ditutup. Segala  perbuatan  manusia  telah  tidak tercatat lagi. Karena malaikat-malaikat Rokib dan Atid yang bertugas mencatat segala perbuatan manusia, telah dibebaskan dari tugasnya. Para iblis dan setan-setan juga menangis dengan penyesalan atas segala perbuatannya. Firman Allah dalam Al Qur-an :

وخسف القمـر وجمع الـشمس والقـمر يقـول الا نسا ن يـومئد ايـن المفر ( الـقـيا مة  )

Artinya:

            Dan bila rembulan telah hilang cahayanya, dan matahari dan bulan dikumpulkan, pada hari itu manusia berkata “ kemana tempat berlari ?”.  (  Q. S.  Al  Qiyamah 8 – 10 )

            Kemudian setelah itu matahari dan rembulan terbit sesuai peredarannya seperti biasanya.

            Beberapa waktu kemudian Allah mengeluarkan mahluk dari bumi yang disebut Sahab atau Dabbah yang memiliki bentuk fisik yang unik, yaitu: berkaki empat, memiliki dua sayap, badannya berbulu, kepalanya seperti kepala manusia, matanya seperti mata babi, telinganya lebar seperti telinga gajah, dan dapat berbicara seperti manusia. Adapun tugas dari mahluk bernama Dabbah tersebut adalah untuk memberi tanda manusia. Siapa yang beriman dan siapa yang kafir. Dengan demikian maka manusia didunia ini seakan menjadi dua golongan yang tampak perbedaannya. Golongan orang-orang beriman tampak dengan wajah yang bersinar dan berseri-seri, sedangkan orang-orang yang kafir wajahnya tampak buram dan kotor.

            Selanjutnya beberapa waktu kemudian Allah menurunkan adzab berupa asap yang memenuhi alam dan membuat keadaan orang-orang Islam seperti menderita sakit flu. Sedangkan bagi orang-orang kafir menderita lebih parah lagi sampai asap tersebut keluar dari mata, telinga, hidung serta dubur atau anus mereka.  Firman Allah dalam Al Qur-an :

فار تقب يوم تأ تى السماء بد خان مبـين . بغشى النا س هـذ اعـذاب اليم ( الـد خا ن )

Artinya:

            Maka tunggulah ketika langit membawa asap yang jelas, yang meliputi manusia. Inilah adzab yang pedih. ( Q. S. Ad Ddukhon 10 – 11 )

            Empat puluh (40) hari kemudian asap tersebut lenyap dengan sendirinya. Bersamaan dengan itu lenyap pula seluruh ayat-ayat Al Qur-an diseluruh dunia ini baik yang tertulis diatas kertas, yang terukir diatas kayu ataupun diatas batu. Bahkan orang-orang yang hafal Al Qur-an sekalipun, seketika itu juga menjadi lupa total. Setelah yang demikian itu Allah menurunkan adzab lainnya berupa angin semilir yang sangat dingin merasuk tulang dan menyebabkan seluruh orang-orang Islam meninggal dunia. Akibatnya tinggallah orang-orang yang kafir saja seperti yang dikehendaki Allah. Dengan demikian maka kemaksiatan dan segala perbuatan sesat jadi berkembang dengan subur tanpa ada larangan dan tak terdengar lagi orang menyebut lafadz “Allah, Allah, Allah…..”.

            Setelah keadaan yang demikian tersebut maka beberapa waktu kemudian Allah mengeluarkan api dari perut bumi yang selama ini terpendam di jurang Barhud, yang berada di negeri Yaman untuk menggiring manusia selama 8 hari 8 malam. Kemudian setelah manusia dan mahluk lainnya berkumpul dalam satu daerah, maka dengan izin Allah malaikat Isrofil segera meniup sangkakalanya dengan keras, sehingga terdengar melengking memenuhi alam semesta ini. Akibatnya seluruh mahluk menjadi pingsan karena kaget, terkecuali yang dikehendaki Allah. Bersamaan dengan itu pula bumipun bergoncang dengan goncangan yang sangat dahsyat hingga membelah-belah dan membentuk jurang api yang menyala, bintang-bintang saling berjatuhan bagaikan hujan petir, matahari tergulung langit, seluruh air lautan diluapkan, seluruh gunung-gunung diterbangkan dan saling bertabrakan, seluruh isi perut bumi yang mendidih dimuntahkan, angin topan dan petir saling diterpakan, dan manusiapun beterbangan dan terhempaskan bagaikan debu, pertanda bahwa seluruh kehidupan telah berahir, kecuali Allah Robbul ‘Alamin.

ا ذ اا لشـمس كـورت  .  وا ذ االنجـوم ا نـكــد رت . ( التـكـوير )

Artinya:

           Jika matahari telah digulung, dan bila bintang-bintang berjatuhan. ( Q. S. At Takwir 1 – 2 ).

وا ذ االبحـا رســجـرت ,  ( التـكـوير )                             

              Artinya :

            Dan apabila lautan dijadikan meluap.   ( Q.S. At Takwir 6 )

و ا ذ االســـماء كـشــــطـت . ( التــكو ير )                 

Artinya:                 

            Dan apabila langit dilenyapkan.  ( Q. S.  At Takwir  11 ).

ا ذا زلـزلت الا رض زلـزالها. واخرجت الا رض ا ثـقالها. (  الزلزله  ).

Artinya :

            Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan yang dahsyat, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban yang dikandungnya. ( Q. S. Al Zalzalah 1 – 2 ).

وبســـت الجــبال بســا . فـكا نت هـباء منبثا . ( الوقـعه  )

Artinya:

            Dan gunung-gunung dihancur luluhkan sehancur-hancurnya, maka jadilah dia ( manusia seperti ) debu  yang  beterbangan. ( Q. S.  Al Waqi’ah  ayat  5 – 6 ).


            Dengan hancunya alam semesta serta berakhirnya seluruh kehidupan tersebut, keadaanpun jadi kosong selama kurang lebih 40 tahun. Selanjutnya Allah menurunkan hujan yang airnya sedikit kental seperti air nutfah (mani ) dan tak pernah reda selama 40 hari. Setelah itu atas perintah Allah malaikat Isrofil segera meniup kembali sangkakalanya.

Maka kemudian seluruh manusia sejak dari nabi Adam as dibangkitkan kembali dari kubur mereka dengan wajah dan bentuk tubuh yang beraneka ragam sesuai dengan perbuatan masing-masing ketika hidup didunia. Firman Allah dalam Al Qur-an :

يـومئـد يـصــد رالـنا س ا شــتا تا ليـروااعــمالهـم .  ( الـز لزله  )

Artinya:

Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam supaya diperlihatkan kepada mereka ( balasan ) pekerjaan mereka. ( Q. S. Al  Zalzalah  6 ).


            Selanjutnya mereka digiring kesebuah tempat yang luas yang tidak ditumbuhi pepohonan serta matahari keberadaannya direndahkan. Itulah yang disebut Padang Mahsyar, tempat para manusia dipersidangkan atau diperhitungkan segala perbuatannya sewaktu hidup didunia dimana mata, telinga, kulit, tangan, kaki dan semua anggota tubuhnya akan mempersaksikannya. Itulah yang disebut Yaumul Hisab ( hari perhitungan amal ). Firman Allah dalam Al Qur-an yang artinya:

            Pada hari itu Kami tutup mulut mereka, dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dulu mereka usahakan. ( Q. S. Yaa Siin  65 )

Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka, tentang apa yang telah mereka kerjakan. ( Q. S. Fushshilat 20 ).

            

Kemudian bagi mereka yang telah diperhitungkan segera mendapat catatan-catatan perbuatan mereka sejak balligh hingga kematiannya. Lalu pahala dan dosa dari hasil pencatatan tersebut ditimbang supaya diketahui berat dan jurusannya, apakah mereka tergolong orang yang jurusan ke surga yang penuh dengan berbagai kenikmatan ataukah jurusan ke neraka yang penuh dengan berbagai macam siksa yang mengerikan. Itulah yang dinamakan Yaumul Mizan (hari penimbangan amal ).

LANJUTKAN MEMBACA.......


Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.

Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama