Abu Bakar Muhammad Bin Zakaria Arrazi

 Ask - Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Abu Bakar Muhammad Bin Zakaria Arrazi

Abu Bakar Muhammad bin Zakaria ar-Razi atau dikenali sebagai Rhazes di dunia barat merupakan salah seorang pakar sains Iran yang hidup antara tahun 864 - 930. Ia lahir di Rayy, Teheran pada tahun 251 H./865 dan wafat pada tahun 313 H/925. Ar-Razi sejak muda telah mempelajari filsafat, kimia, matematika dan kesastraan.

Abu Bakar Muhammad Bin Zakaria Arrazi

Dalam bidang kedokteran, ia berguru kepada Hunayn bin Ishaq di Baghdad. Sekembalinya ke Teheran, ia dipercaya untuk memimpin sebuah rumah sakit di Rayy. Selanjutnya ia juga memimpin Rumah Sakit Muqtadari di Baghdad. Sebagai seorang dokter utama di rumah sakit di Baghdad, ar-Razi merupakan orang pertama yang membuat penjelasan seputar penyakit cacar. 

Razi diketahui sebagai seorang ilmuwan yang menemukan penyakit “alergi”, dan ilmuwan pertama yang menulis tentang alergi dan imunologi. Pada salah satu tulisannya, dia menjelaskan timbulnya penyakit rhintis setelah mencium bunga mawar pada musim panas. 

Razi juga merupakan ilmuwan pertama yang menjelaskan demam sebagai mekanisme tubuh untuk melindungi diri. Pada bidang farmasi, ar-Razi juga berkontribusi membuat peralatan seperti tabung, spatula dan mortar. Ar-razi juga mengembangkan obat-obatan yang berasal dari merkuri.

Karya tulis hasil penelitiannya yang termashur adalah Al-Ḥawī, sebuah ensiklopedi kedokteran yang terdiri dari 20 jilid. Buku ini berisi ilmu kedokteran Yunani, Arab, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada tahun 1279 M. Sejak saat itu, buku tersebut menjadi rujukan berbagai universitas di Eropa sampai abad ke-17 M. Buku terkenal lainnya berjudul Fī al-Judarī wa al-Ḥaṣbat, membahas tentang penyakit campak dan cacar, juga diterjemahkan ke bahasa Latin. Pada tahun 1866 M, buku itu dicetak ulang yang ke-40 kalinya.


Risalah Cacar dan Campak

Monograf ar-Razi berjudul al-Judari wal Hasbah merupakan risalah kimia klinik kedokteran pertama tentang cacar dan campak. Karena itu, sejak diterbitkan ia menjadi mutiara kepustakaan kedokteran Muslim.

Diterjemahkan ke dalam Latin di Venizia dengan judul De Variolis et morbilis (Risalah Tentang Cacar dan Campak) dan kemudian ke dalam beberapa bahasa modern  yang kelak membangkitkan antusiasme baru dalam bidang kedokteran.Risalah ini juga menempatkan ar-Razi sebagai pemikir orisinil dan Bapak Klinik Abad Pertengahan. 


Farmasi

Al-Razi juga dipandang sebagai salah satu pelopor utama dalam formakognosi, yaitu cabang formakologi tentang karakterstik fisikawi dan sumber botanis dari obat-obatan dasar kitab Sir al-Asrar (buku mengenai rahasia).

Di buku tentang farmakologi ini, ia membagi obat-obatan dalam kategori mineral, vegetal (botanis), dan biologis, serta masing-masing diuraikan analisis fungsionalnya.


Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama