Apakah Engkau Telah Benar-Benar Solat...?

 Ask - Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Apakah Engkau Telah Benar-Benar Solat...?

Apakah Engkau Telah Benar-Benar Solat...?

Syeikh Ibnu Atha'illah mengungkapkan : 

“Syeikh Abu Al-Hasan Al-Syadzili r.a. didatangi beberapa fukaha (para ahli fikih) dari kota Iskandariyah. Mereka datang untuk menguji Syeikh. Beliau mencermati semua dari mereka lalu bertanya :

 'Wahai fakih, apakah kalian menunaikan solat?' Mereka menjawab: 'Ya Syekh, mungkinkah ada diantara kami yang tidak solat?!'  

Sang Syeikh menegaskan :

Allah berfirman : "Manusia diciptakan dalam keadaan berkeluh-kesah. Kalau ditimpa musibah, dia gelisah dan kalau mendapat kebaikan dia bakhil, kecuali orang yang solat." 

Nah, apakah keadaan kalian seperti itu? Jika mendapat musibah, kalian tidak gelisah dan kalau mendapat kebaikan kalian tidak kedekut?' Mereka terdiam. 

Lalu beliau melanjutkan lagi :

"Kalau begitu, kalian belum solat.'"

Kisah yang disampaikan oleh Ibnu Athaillah dalam ungkapan hikmahnya ini menegaskan manfaat solat. Selain mencegah perbuatan keji dan mungkar, solat juga menjadi obat bagi hati agar tidak gelisah dan resah, serta selalu redha kepada Allah. 

Sebab, hati orang yang solat selalu terhubung kepada Allah. Ia tidak meminta kepada selain Dia, tidak takut kepada selain Dia, serta selalu memuji Allah, saat senang mahupun susah. 

Jika mendapat musibah, dia mengucap innalillahwainnailayhiraji'un. Dia menyerahkan segala urusan kepada Allah Swt. Sebab, segala sesuatu berada di tangan-Nya.  

Apabila Allah menganugerahinya nikmat, dia memberikan kepada fakir miskin apa yang menjadi hak mereka. Dia menunaikan zakat dan bersedekah di jalan Allah. Semua itu dilakukan untuk meraih redha Allah Swt”. 


[ Syeikh Ibnu Atha'illah, Kitab Taj Al-‘Arus ]

Waallahu'alam




Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama