Arti Lambang Nahdlatul Ulama (NU)

 Ask - Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Arti Lambang Nahdlatul Ulama (NU)

Arti Lambang Nahdlatul Ulama (NU)

Arti Lambang Nahdlatul Ulama (NU)

Setiap organisasi atau perkumpulan pasti mempunyai lambang sebagai simbul yang menggambarkan asas (dasar), tujuan dan cita-cita dari organisasi tersebut. Nahdhatul Ulama sebagai organisasi keagamaan dan kemasyarakatan juga memiliki lambang yang ditetapkan sejak awal berdirinya. 

Lambang Nahdhatul `Ulama diciptakan oleh KH. Ridlwan Abdullah, seorang ulama yang mempunyai keahlian dalam bidang seni lukis dan kaligrafi. Sudah menjadi kebiasaan para ulama bahwa untuk mewujudkan harapannya, selalu diawali dengan istikharah. Demikianlah yang dilakukan oleh KH. Ridlwan Abdullah ketika diminta untuk menciptakan lambang Nahdhatul `Ulama (NU). Sehingga lambang Nahdhatul Ulama (NU) bukan sekedar hasil perenungan, namun lebih dari itu adalah hasil istikharah dari penciptanya.


Lambang Nahdhatul `Ulama terdiri atas gambar bola dunia yang dilingkari tali tersimpul, dan dikitari oleh sembilan bintang. Lima bintang terletak melingkar dari atas garis katulistiwa yang terbesar di antaranya terletak ditengah atas. Sedangkan empat bintang lainnya terletak melingkar dibawah katulistiwa. Nama Nahdhatul `Ulama ditulis dalam huruf arab yang melintang dari sebelah kanan bola dunia kesebelah kiri. Semua terlukis dengan warna putih di atas dasar hijau.


Adapun arti dan maksud dari lambang Nahdlatul Ulama adalah :

1.  Gambar bola dunia : Melambangkan bumi tempat kita hidup, berjuang dan beramal di dunia ini. Di samping itu, mengingatkan bahwa asal mula kejadian manusia adalah dari tanah dan akan kembali ketanah.

2.  Gambar peta : yang tampak pada bola dunia adalah peta Indonesia yang melambangkan bahwa Nahdlatul Ulama didirikan di Indonesia dan berjuang untuk kejayaan Negara Republik Indonesia.

3.  Gambar tali bersimpul : melambangkan persatuan yang kokoh dan ikatan dibawahnya berarti hubungan antara sesama manusia (hablum minan nas) dan antara manusia dengan Tuhan (Hablum minallah). Sedangkan jumlah untaian talinya sebanyak 99 buah yang melambangkan Asmaul Husna.

4.  Gambar bintang besar di atas garis katulistiwa : melambangkan kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. Sedangkan empat bintang lainnya melambangkan kepemimpinan Khulafaur Rasyidin. Adapun empat bintang dibawah garis katulistiwa melambangkan madzhab empat, yaitu (Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali). Jumlah bintang seluruhnya ada sembilan buah yang melambangkan wali songo sebagai tokoh penyebar agama islam di pulau Jawa.

5.   Tulisan huruf arab Nahdlatul Ulama : menunjukkan nama organisasi yang berarti “Kebangkitan Ulama”.

6.  Warna dasar hijau : melambangkan kesuburan tanah air Indonesia, sedangkan warna gambar dan tulisan putih melambangkan kesucian.


Dari uraian arti lambang tersebut di atas, dapat diketahui bahwa Nahdlatul Ulama merupakan organisasi keagamaan islam (jam’iyah diniyah islamiyah) yang selalu setia mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW. para sahabatnya dan menganut salah satu dari madzhab empat. Di samping itu Nahdlatul Ulama didirikan sebagai lanjutan dari perjuangan wali songo dalam menyebarkan ajaran Islam di Indonesia.


Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama