Jadilah Sahabat Tuhanmu Yang Santun

 Ask - Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Jadilah Sahabat Tuhanmu Yang Santun

Jadilah Sahabat Tuhanmu Yang Santun

Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa sesungguhnya sahabat sejatimu itu adalah sahabat yang tak pernah berpisah denganmu dalam keadaan apa pun, baik dalam keadaan diam, bepergian, tidur, bahkan dalam hidup dan matimu. Ketahuilah bahwa sahabat sejatimu itu adalah Tuhan yang telah menciptakanmu.

Selama engkau mengingatNya, niscaya Dia menjadi "Teman dudukmu", sebab, ALLAH SWT pernah berfirman :

"Aku adalah teman duduk bagi orang yang berzikir pada-Ku." 

Selama hatimu sedih karena tak mampu menunaikan kewajiban agamamu dan menyesal karena tak berdaya untuk melakukannya, maka Dia senantiasa menyertaimu.


Sebab ALLAH SWT pernah berfirman :

"Aku berada bersama mereka yang hatinya sedih karena-Ku." 

Jika engkau betul-betul mengenali-Nya, niscaya engkau akan menjadikan-Nya sebagai "sahabat" dan niscaya engkau akan meninggalkan yang lainnya.

Jika engkau tak mampu melaksanakan hal itu setiap waktu, maka engkau harus menyediakan waktu di malam dan di siang hari untuk kau pergunakan berkhalwat bersama Rabbmu dan merasakan kenikmatan bermunajat kepada-Nya.


Maka, engkau harus mengetahui adab-adab menjalin hubungan dengan Rabb-mu itu.

Engkau harus menundukkan kepala, menjaga pandangan mata, mengkonsentrasikan pikiran, senantiasa diam, menenangkan anggota badan, segera mengerjakan perintah, meninggalkan larangan, tidak menolak takdir, senantiasa berzikir dan berpikir, mengutamakan yang hak atas yang batil, putusasa dari makhluk, tunduk dengan perasaan hormat, risau diliputi oleh rasa malu, tenang dalam berusaha karena yakin atas jaminan-Nya, bertawakal kepada karunia ALLAH SWT

Semua ini harus menjadi karaktermu sepanjang siang dan malam. Itulah adab menjalin hubungan dengan "Teman yang tak pernah berpisah denganmu".

Adapun semua makhluk, dalam waktu tertentu akan berpisah denganmu.

(Imam Al-Ghazali dalam Bidayatul-Hidayah)



Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama