Syeikh Abdu Qodir Al-Jailani Bertemu Dengan Pemabuk

 Ask - Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Syeikh Abdu Qodir Al-Jailani Bertemu Dengan Pemabuk

Syeikh Abdu Qodir Al-Jailani Bertemu Dengan Pemabuk

Pemabuk yg cerdas

Suatu Ketika Sulthonul Awlya' (Pemuka seluruh Wali) tuan guru Asy-Syeikh Abdu Qodir Al-Jailani sedang berjalan bersama Murid-muridnya berpapasan dengan seseorang yang dalam keadaan mabuk berat.

Walau dalam Kondisi  mabuk berat, dia masih sempat memberikan 3 pertanyaan Kepada tuan guru Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani :


1. Ya Syekh, "Apakah Alloh SWT mampu merubah seorang Pemabuk seperti aku ini menjadi orang yang Taat seperti kamu...?"

Tuan guru Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani menjawab: "Sangat Mampu"


2. "Apakah Alloh SWT mampu merubah Ahli maksiat Seperti aku ini menjadi Taat setingkat dengan dirimu ..."?

Tuan guru Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani menjawab: "Sangat mampu".


3. "Apakah Alloh SWT  mampu merubah dirimu yang sangat Shaleh menjadi Ahli maksiat Seperti aku ini".

Tanpa Menjawab Pertanyaan si Pemabuk itu, Tuan guru Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani tiba-tiba menangis dan tersungkur lalu bersujud kepada Alloh SWT.


Murid-murid Beliau sangat kebingungan dan bertanya: "Ada apa gerangan wahai Tuan guru mulia sehingga Engkau menangis dan tersungkur dengan pertanyaan dari seorang Pemabuk ini..?".


Betul sekali pertanyaan orang ini, kapan saja jika Alloh SWT berkehendak, semua bisa berubah dan bisa terjadi termasuk diriku, Siapa yang bisa menjamin diriku akan bernasib baik dan wafat dalam keadaan Husnul Khatimah" Kata Tuan guru Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani.


Sahabat...!!

Disaat kita lagi Jaya, punya jabatan, diberikan harta yang cukup, diberikan kekuatan untuk Tahajjud, Shalat Dhuha dan dapat melakukan ibadah yang tak bisa dilakukan oleh orang lain, janganlah kita gampang menghina dan menganggap diri kita lebih baik, sudah sesuai dengan Sunnah, lebih suci dari mereka dan kita merasa sudah pasti masuk Syurga.


Coba bayangkan, manusia sekelas Tuan guru Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani yang sangat masyhur Kewaliannya, sangat khusyu' ibadahnya, begitu sempurna keimanannya, sangat luas ilmunya, masih begitu kawatir dengan nasib dirinya dan gak pernah bangga dengan semua yang dimilikinya, sebab Beliau sadar bahwa Alloh Maha Kuasa untuk merubah segalanya sekejap mata.


Sangat beda dengan kita yang gak punya Pangkat apa-apa, ilmu cuma secuil, iman kita masih banyak keraguan, hubungan kita kepada Alloh pun masih sangat jauh dan masih sangat cinta dengan dunia apa yang pantas kita sombongkan di dunia ini..?


Sabda Rosululloh :

1. Manfaatkan waktu mudamu untuk belajar dan melakukan kebaikan sebelum masa tuamu datang.

2. Pergunakan masa sehatmu untuk beribadah sebelum kau jatuh sakit.

3. Isilah masa luangmu untuk beraktivitas yang bermanfaat, berkumpul dengan orang-orang Shaleh sebelum kesibukan datang menghalangimu.

4. Mumpung kau punya kelebihan harta, shadaqohkan sebagian hartamu itu untuk ikut andil fi Sabilillah dan menyantuni anak-anak yatim dan dhu'afa sebelum datangnya kemiskinan.

5. Selagi hayat masih dikandung badan, pergunakan sebaik-baiknya untuk menyempurnakan agamamu sebelum ajal datang menjemputmu.


Semoga kisah Tuan guru Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani dapat menyadarkan diri kita yang masih merasa Ujub, Pelit dan Sombong dapat kita untuk menjadi Insan yang Shaleh, tawadhu'dan dermawan. Aamiin.



Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama