Pengertian Puasa Sunah

 Ask - www.Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Pengertian Puasa Sunah

Puasa sunah merupakan pelengkap puasa wajib. Puasa sunah melengkapi kekurangan yang terdapat pada puasa wajib. 

Pengertian Puasa Sunah


Sebagaimana namanya, jika kita  melaksanakan puasa sunah, kita akan mendapatkan pahala. Sebaliknya, jika tidak melaksanakannya, kita tidak berdosa. Terkait puasa sunah, terdapat kisah percakapan antara Rasulullah dengan sahabat yang bertanya apakah puasa yang difardukan.


Rasulullah menjawab bahwa puasa yang diwajibkan adalah puasa Ramadan. Selanjutnya, sahabat tadi bertanya lagi apakah ada yang lain. Sebagai jawaban Rasulullah saw mengatakan bahwa tidak ada lagi puasa yag difardukan kecuali jika sahabat tersebut ingin melaksanakan puasa sunah. Pada dasarnya, pelaksanaan puasa sunah sama seperti puasa wajib.


Hanya saja niat pada puasa sunah dapat kita laksanakan saat siang hari selama kita belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Selain itu, kita kita tidak perlu mengqada puasa sunah jika terpaksa berbuka di tengah hari. Puasa sunah biasanya mengacu pada waktu-waktu tertentu. Biasanya dilaksanakan bertepatan dengan waktu tertentu atau sejarah tertentu dalam risalah Islam.


Adapun puasa sunah yang sangat populer di kalangan umat Islam antara lain, puasa Senin Kamis, puasa Arafah, puasa Syawal, puasa Asyura, puasa Sya'ban, dan puasa Daud.




Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama