Waktu Terbaik Mengeluarkan Zakat Fitri / Fitrah

 Ask - www.Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Waktu Terbaik Mengeluarkan Zakat Fitri / Fitrah

Rasulullah menuntunkan kita untuk mengeluarkan zakat fitrah sebelum berangkat salat Idul Fitri. Hal ini bukan berarti zakat fitrah hanya boleh dikeluarkan pada saat tersebut. 

Waktu Terbaik Mengeluarkan Zakat Fitri / Fitrah

Zakat fitrah boleh dikeluarkan agak jauh sebelum salat Idul Fitri dilaksanakan. Oleh karena itu, terdapat tiga waktu pelaksanaan zakat fitrah. Ketiga waktu itu sebagai berikut.

  1. Dari awal Ramadan hingga hari terakhir puasa Ramadan. Ini adalah waktu boleh menunaikan zakat fitrah.
  2. Dari magrib hari terakhir Ramadan hingga sesaat sebelum salat Idul fitri. Ini adalah waktu dianjurkan melaksanakan zakat fitrah.
  3. Setelah salat Idul Fitri selesai dilaksanakan. makanan pokok yang kita keluarkan tidak lagi disebut zakat fitrah melainkan sedekah biasa.


Dalam hadis di jelaskan yang artinya: Dari Ibnu Abbas r.a. ia berkata: ”Rasulullah saw telah mewajibkan zakat fitrah, yang berfungsi untuk mensucikan orang yang berpuasa dari (kotoran-kotoran yang disebabkan oleh) omong kosong, dan ucapan-ucapan keji, dan untuk (memberi) makanan bagi orang-orang miskin. Barang siapa menunaikannya sebelum salat Idul Fitri, maka ia adalah zakat fitrah yang diterima. Barang siapa menunaikannya sesudah salat Idul Fitri, maka diterima sebagai sedekah sunah saja.” (H.R. Abu Daud dan Ibnu Majah).


Hal terpenting terkait waktu pelaksanaan zakat fitri atau fitrah adalah mengacu tujuan zakat fitrah, yaitu untuk membantu kaum muslimin yang kekurangan untuk dapat merayakan kegembiraan Idul fitri. Dengan demikian, semakin dekat dengan hari Idul Fitri tentu lebih baik selama dilaksanakan sebelum salat Id.



Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama