Tiga Macam Manusia Menurut Imam al-Ghazali

Ask Dunia Dalam Berita - Berita Dalam Dunia.

 Ask - www.Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Tiga Macam Manusia Menurut Imam al-Ghazali

Imam al-Ghazali rahimahullah berkata, "Manusia ada tiga macam.

Tiga Macam Manusia Menurut Imam al-Ghazali

Pertama, manusia yang seperti makanan, selalu dibutuhkan setiap saat. 

Kedua, manusia yang seperti obat, kadang dibutuhkan dan kadang tidak. 

Ketiga, manusia yang seperti penyakit, sama sekali tidak dibutuhkan, tetapi terkadang digunakan untuk menguji manusia lain. 

Inilah manusia yang tidak membawa kedamaian dan tidak pula membawa manfaat. Karena itu, manusia semacam ini harus dijauhi dan dihindari. Namun demikian, memerhatikan manusia semacam ini bisa mendatangkan manfaat besar. Dengan menyaksikan keburukan- keburukan perbuatannya, kita dapat mengambil pelajaran sehingga menjauhinya."




Imam al-Ghazali melanjutkan, "Jadi, orang yang beruntung adalah orang yang bisa mengambil pelajaran atau nasihat dari orang lain. Sebab, orang beriman adalah cermin bagi sesama orang beriman.




Nabi Isa 'alaihi sallam pernah ditanya, "Siapakah yang mendidikmu?" la menjawab, "Tak ada seorang pun yang mendidikku. Namun, aku memerhatikan kebodohan orang yang bodoh lalu aku pun menjauhi kebodohan."




[Sumber: Imam Al-Ghazali dalam Bidayah al-Hidayah, ed. Ahmad Syauman, hlm. 144, Maktabah Turats]



Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.


Ask Dunia Dalam Berita - Berita Dalam Dunia.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama