Do’a Merupakan Perintah Dari Allah

 Ask - Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Do’a Merupakan Perintah Dari Allah

Do’a Merupakan Perintah Dari Allah

Do’a Merupakan Perintah Dari Allah

Sangatlah banyak dari ayat-ayat Al Quran yang menyebutkan perintah untuk berdoa kepada-Nya . Diantaranya, firman Allah (artinya) :


“Dan Rabb kalian telah berfirman: “Berdoalah kalian kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan bagi kalian.” (Ghafir: 60)

“Dan berdoalah kepada Allah dengan mengikhlaskan ibadah (doa) kepada-Nya.” (Al A’raf: 29)

“Berdoalah kepada Rabb kalian dengan merendahkan diri dan dengan suara yang lembut.” (Al Jin: 18)

“Dan sesungguhnya Allah memiliki asmaul husna (nama-nama yang mulia), maka berdoalah kepada-Nya dengan menggunakan nama-nama tersebut.” (Al A’raf: 180)

Di dalam ayat-ayat mulia di atas dan yang lainnya menunjukkan bahawa doa merupakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah kepada hamba-Nya. Sehingga berdoa kepada-Nya merupakan bentuk ketaatan kepada-Nya.



Doa adalah ibadah

Berdoa kepada Allah merupakan perkara yang amat dicintai-Nya . Bahkan bila semakin sering berdoa kepada-Nya untuk meminta segala sesuatu yang ia inginkan, semakin bertambah kecintaan Allah kepadanya. Karena setiap doa yang dipanjatkan kepada-Nya, pada hakikatnya (doa) itu adalah ibadah.


Rasulullah bersabda :

الدعاء هو العبادة

“Sesungguhnya doa adalah ibadah” (Tirmidzi)

Bukankah kita semua telah mengetahui bahawa tujuan Allah menciptakan manusia dan jin ini hanyalah untuk beribadah kepada-Nya? barangsiapa yang memperbanyak doa berarti ia telah memperbanyak ibadah kepada-Nya, dan inilah yang sebenarnya dikehendaki oleh Allah.


Sebagaimana firman-Nya :

“Tidaklah Kami menciptakan jin dan manusia melainkan hanya untuk beribadah kepada-Ku.” (Adz Dzariat: 56)


Demikian juga, Rasulullah telah menegaskan bahwasanya doa merupakan perkara yang paling dicintai dan mulia di sisi-Nya , baginda bersabda :

لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمُ عَلَى اللهِ سُبْحَانَهُ مِنَ الدُّعَاءِ

“Tidak ada sesuatu pun yang lebih mulia di hadapan Allah subhanahu daripada doa.” (At Tirmidzi)

Mengapa doa itu paling mulia dan paling dicintai oleh Allah ? sebagaimana penjelasan di atas, kerana pada hakikatnya doa itu sendiri adalah ibadah, yang diperintahkan oleh Allah kepada setiap hambanya.



Doa merupakan pembuka pintu-pintu rahmat dari Allah

Doa merupakan pembuka pintu-pintu rahmat Allah yang sangat diperlukan oleh setiap hamba. Kerana dengan rahmat-Nyalah kita mendapat hidayah Islam dan Iman, serta mendapat pula keampunan dari dosa-dosa yang telah kita lakukan.


Rasulullah bersabda :

منْ فُتِحَ لَهُ مِنْكُمْ بَابُ الدُّعَاءِ فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الرَّحْمَةِ وَمَا سُئِلَ اللهُ شَيْئًا يُعْطَىأَحَبُّ إِلَيْهِ مِنْ أَنْ يُسْأَلَ الْعَافِيَةَ ، إِنَّ الدُّعَاءَ يَنْفَعُ مِمَّا نَزَلَ وَمِمَّا لَمْ يَنْزِلْ فَعَلَيْكُمْ عِبَادَ اللهِ بِالدُّعَاء

“Barangsiapa di antara kalian yang dibukakan baginya pintu doa, niscaya ia akan dibukakan baginya pintu-pintu rahmat. Dan tidaklah Allah dimintai sesuatu yang lebih Allah cintai dari meminta keselamatan (di dunia dan akhirat). Sesungguhnya doa itu bermanfaat pada hal-hal yang sudah terjadi ataupun yang belum terjadi, maka hendaklah berdoa wahai hamba-hamba Allah.” (At-Tirmidzi)


Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama