Keistimewaan Murai Batu Impor Dan Murai Batu Lokal

 Ask - Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Keistimewaan Murai Batu Impor Dan Murai Batu Lokal

Keistimewaan Murai Batu Impor Dan Murai Batu Lokal

Kucica Hutan juga dikenal sebagai Murai Batu termasuk ke dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, Kalimantan, dan sebagian pulau Jawa.

Murai batu dalam bahasa inggris disebut The White-rumped shama, merupakan jenis burung kicau yang bersifat fighter. Termasuk dalam famili Muscicapidae, burung ini dikenal teritorial serta kuat dalam mempertahankan wilayahnya (Thruses). Biasanya, dalam satu wilayah terdapat satu pejantan burung murai batu, karena saat pejantan lainnya datang maka akan dilawan sampai pergi.

Murai Batu termasuk burung kicauan yang banyak digemari orang, banyak lomba diadakan di berbagai daerah untuk menyemarakkan ajang perburungan.

Burung Murai sendiri sesungguhnya memiliki beberapa macam dan juga berbagai ciri yang membedakan antara satu dengan yang lainnya. Di antaranya adalah Murai Medan, Murai Nias, Murai Malaysia, Murai Lampung, Murai Kalimantan, Murai Borneo, Murai Aceh, Murai Batu Bahorok, Murai Anakan, Murai Bordan, Murai Irian, Murah Thailand, Murai Sabang, Murai Filiphina, Dan Murah Jawa.


Murai Batu Impor Dan Murai Batu Lokal
jika dilihat dari segi kicauannya tetap saja jenis burung Batu Murai lokal yang mengungguli, khususnya pada Murai Batu Medan.

Kesimpulannya, Murai Batu lokal dan Murai Batu Impor mempunyai kelebihan masing-masing. Murai Batu lokal terletak pada kicauannya sedangkan Murai Batu Impor terletak pada keindahan bentuk tubuhnya seperti ekor lebih panjang sehingga membuat murai batu tampak elegan. Murai Batu Impor ataupun Lokal memiliki kelebihan tersendiri.

Keanekaragaman fauna yang ada di Indonesia juga terdapat pada burung kicauan jenis Murai Batu. Macam-macam Murai Batu Indonesia (lokal) memang beragam jenisnya. Di Indonesia sendiri ada 8 jenis Murai Batu yang berbeda yaitu :

- Murai Batu Medan
- Murai Batu Aceh
- Murai Batu Jambi
- Murai Batu Lampung
- Murai Batu Palangka (Kalimantan)
- Murai Batu Banjar (Kalimantan)
- Murai Batu Jawa (Larwo)

Tidak hanya di Indonesia spesies burung kicauan jenis Murai Batu juga ditemukan di negara-negara lain. Namun dari beberapa negara itu hanya Indonesialah dengan keanekaragaman jenis Murai Batu terbanyak. Untuk jenis Murai Batu Impor (luar) sendiri terdapat beberapa jenis yang familiar di pasaran yaitu :

- Murai Batu Thailand
- Murai Batu Malaysia
- Murai Batu Filipina
Keistimewaan Murai Batu Impor Dan Murai Batu Lokal

Keistimewaan Murai Batu Impor Dan Murai Batu Lokal


Jika ditanya mengenai perbandingannya tentu Murai Batu lokal / Impor punya ciri khasnya masing-masing.  Sejatinya, Murai Batu lokal cenderung memiliki kemampuan kicauan suara yang sangat baik, jenis Murai Batu lokal sangat cocok untuk diikutsertakan dalam event lomba / gantangan karena kemungkinan kemenangan akan burung Murai Batu lokal sangat tinggi ketimbang mengikut sertakan Murai Batu Impor. Contohnya saja Murai Batu Medan, jenis Murai Batu lokal yang satu ini sudah menjadi langganan juara setiap perlombaan burung kicauan. 



Kicauan suara Murai Batu Impor tidak menjadi ukuran kelebihan burung kicauan ini, tetapi dari segi fisik keindahan tubuh Murai Batu Impor banyak menarik perhatian penghobi. Variasi warna bulu yang tajam, bentuk tubuh yang indah, terdapat pada Murai Batu Impor sehingga menjadikan jenis ini sangat cocok untuk dijadikan burung kicauan hias. Salah satu Murai Batu Impor yang memiliki keindahan bentuk tubuh adalah Murai Batu Thailand.



Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama