Keutamaan Adab Dan Akhlaq Bagi Para Pencari Ilmu

 Ask - Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Keutamaan Adab Dan Akhlaq Bagi Para Pencari Ilmu

Keutamaan Adab dan Akhlaq bagi Para Salik (Pencari Jalan Ma'rifatullah)

Keutamaan Adab Dan Akhlaq Bagi Para Pencari Ilmu

Maka siapa orang yang melazimi adab, dia akan sampai pada kedudukan orang-orang pilihan-Nya.

Dan siapa orang yang diharamkan atasnya adab, maka dia hakekatnya jauh dari-Nya walaupun dia menyangka bahwa dirinya dekat, dan tertolak sekiranya dia mengharapkan sampai tersambung disisi-Nya.

التصوف كله أدب ، لكل وقت أدب، ولكل حال أدب، ولكل مقام أدب ، فمن لازم الأدب بلغ مبلغ الرجال ، ومن حرم الأدب فهو بعيد من حيث يظن القرب ، مردود من حيث يرجو الوصول

Tasawwuf adalah semuanya adab, setiap waktu adab, setiap keadaan adalah adab & untuk setiap kedudukan adalah adab.

Di dalam Al Qur’an diterangkan bahwa sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu. Ilmu merupakan sarana utama menuju kebahagiaan abadi. Ilmu merupakan pondasi utama sebelum berkata-kata dan berbuat. Dengan ilmu, manusia dapat memiliki peradaban dan kebudayaan. Dengan ilmu, manusia dapat memperoleh kehidupan dunia, dan dengan ilmu pula, manusia menggapai kehidupan akhirat.

Baik atau buruknya suatu ilmu, bukan karena ilmunya, melainkan karena niat dan tujuan si pemiliki ilmu. Ibarat pisau, tergantung siapa yang memilikinya. Jika pisau dimiliki oleh orang jahat, maka pisau itu bisa digunakan untuk membunuh, merampok atau mencuri. Tetapi jika dimiliki oleh orang baik, maka pisau itu bisa digunakan untuk memotong hewan qurban, mengiris bawang atau membelah ikan.  


قال ذو النُّون المصري رحمه الله :

إذا خرج المريد عن استعمال الأدب فإنه يرجع من حيث جاء

Berkata Dzun-Nuun Al-Misrii Ra :

"Jika seorang murid yang menginginkan sampai kepada-Nya keluar dari pem-praktek-kan adab, maka sesungguhnya dia telah kembali walaupun dia datang / memulai ( maka tidak akan bertambah sedikit-pun disisi-Nya )"

٠

قال الحكماء :

- من لم يتأدب لوقت فوقته مقت.

- من حبسه النسب أطلقه الأدب اي من لم يكن من آل البيت منسوبا

فأدبه  يكفيه لرفعت مقامه عند الله وعند خلقه.

- من قل أدبه كثر شغبه.


Berkata para ahli hikmah :

- Siapa orang yang tidak ber-adab pada satu waktu, maka hakekatnya waktunya adalah kemurkaan.

- Siapa orang yang bukan bernasab kepada Nabi, maka dengan sebab adab kedudukannya akan terangkat disisi-Nya dan disisi makhluk-Nya.

- Siapa orang yang sedikit adabnya, niscaya akan banyak fitnah & pertikaiannya


Semoga Bermanfaat.


Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama