Tentang Kewajiban-Kewajiban Terhadap Sesama Teman

 Ask - Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Tentang Kewajiban-Kewajiban Terhadap Sesama Teman

Tentang Kewajiban-Kewajiban Terhadap Sesama Teman


يا بني: إذا جلست للدرس فلا تضايق أحدا من إخوانك و افسح له في المكان حتى يتمكن من الجلوس فإن مضايقة الإخوان في مجالسهم توغر الصدور، و تولد الأحقاد و تثير الشرور: ( يآ أيها الذين أمنوا إذا قيل لكم تفسحوا في المجالس فافسحوا يفسح الله لكم و إذا قيل انشزوا يرفع الله الذين أمنوا منكم و الذين أوتوا العلم درجات و لله بما تعملون خبير.

Artinya :

Wahai anakku! Apabila kamu duduk untuk belajar, maka jangan mendesak salah seorang diantara temanmu. Berilah ia keluasan tempat agar bisa duduk. Karena mendesak-desak teman itu menyinggung perasaan, menimbulkan kebencian dan berpengaruh buruk. Alloh Ta'ala berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, apabila di katakan kepadamu:"Berlapang-lapanglah dalam masjid", maka lapangkanlah, niscaya Alloh akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila di katakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Alloh akan meninggikan orang-orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Alloh Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan". (Al Mujadilah: 11)


يا بني: ها أنت قد أصبحت من طلبة العلم الشريف و لك رفقاء في درسك. هم إخوانك و هم عشيرتك فإياك أن تؤذي أحدا منهم أو تسىئ معاملته.

Artinya :

Wahai anakku! Ingatlah! Sekarang kamu telah menjadi penuntut ilmu yang mulia dan memiliki teman-teman belajar. Mereka adalah saudara-saudaramu dan teman bergaulmu, maka janganlah sampai kamu menyakiti atau memperlakukan tidak baik terhadap salah satu diantara mereka.


يا بني: قيل للإمام أبي حنيفة رضي الله عنه بم بلغت ما بلغت من العلم؟ قال: ما بخلت بالإفادة و لا استنكفت عن الإستفادة.

Artinya:

Wahai anakku! Pernah ditanyakan kepada Imam Abu Hanifah: "Bagaimana engkau mampu mencapai tingkat keilmuan ini", Beliau menjawab: "Aku tidak enggan memberi dan tidak malu meminta".


يا بني: إن لك من إخوانك من يشاركك في المسكن و المبيت. فاحرص على راحة إخوانك في مساكنهم و إذا جاء وقت النوم فلا تزعجهم بالمطالعة و المذاكرة و اطلب لهم من الراحة ما تطلبه لنفسك، فإذا طلع

الفجر و استيقظت لأداء فريضة الصلاة فأيقظ إخوانك برفق و لطف و حافظو على الصلاة في جماعة، فإن صلاة الجماعة أفضل من الصلاة أفذاذا.

Artinya:

Wahai anakku! Sesungguhnya diantara teman-temanmu tentu ada yang tinggal seasrama denganmu, maka berusahalah kamu untuk membuatnya tenang. Apabila sudah tiba waktu tidur, maka janganlah bikin bising mereka dengan muthola'ah dan mudzakaroh. Usahakan mereka tenang sebagaimana kamu mencari ketenangan dirimu sendiri. Apabila sudah terbit fajar dan kamu sudah bangun untuk melakukan sholat fardlu, bangunkanlah juga temanmu dengan cara halus dan perlahan-lahan. Dan hendaklah kamu selalu memelihara sholat berjama'ah, karena sesungguhnya sholat berjama'ah itu lebih utama dari pada sholat sendiri-sendiri.


يا بني: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: "المؤمن للمؤمن كالبنيان يشد بعضه بعضا"

Artinya:

Wahai anakku! Rosululloh saw. bersabda: "Seorang mukmin terhadap mukmin yang lain laksana sebuah bangunan yang saling menguatkan antara satu dengan bagian yang lain".


يا بني: إذا استعان بك أحد إخوانك على عمل لا يستطيع القيام به وحده فلا تبخل بمساعدته و إياك أن تظهر له أنك صاحب الفضل عليه بهذه المساعدة.

Artinya:

Wahai anakku! Apabila salah seorang temanmu meminta bantuan/pertolongan untuk mengerjakan sesuatu yang tidak mungkin di kerjakannya sendirian, maka janganlah segan-segan membantunya. Dan janganlah sekali-kali menunjukkan sikap telah berjasa atas bantuanmu itu.


فيا بني: لا تضيق على إخوانك طريق العلم إذا طلبوا من أستاذهم تحقيق مسألة لم تعرفوها حق المعرفة و شاركهم في الإستماع إلى ما يقول الأستاذ، إن كنت تريد الخير لنفسك.

Artinya:

Wahai anakku! Janganlah kamu suka memojokkan temanmu apabila mereka memohon penjelasan/keterangan suatu masalah yang belum mereka ketahui kepada guru, dan hendaklah kamu juga ikut mendengarkan penjelasan guru, bila memang menghendaki kebaikanmu sendiri.


يا بني: إذا أشكلت مسألة على أحد إخوانك في درسه و طلب من الأستاذ إيضاحها له فاستمع لما يقوله أستاذك في الجواب، لعلك تستفيد من الإعادة فا ئدة لم تكن تعرفها.

و إياك ثم إياك أن تتكلم بكلمة تدل على احتقاره أو أن يظهر على وجهك ما يفيد الإستخفاف بأفكاره.

Artinya :

Wahai anakku! Apabila salah seorang temanmu mengalami kesulitan mengenai suatu masalah pelajaran dan memohon penjelasan dari guru kalian, maka dengarkanlah penjelasan gurumu itu, barangkali kamu memperoleh pengetahuan baru dari penjelasan ulangnya. Dan janganlah sekali-kali melontarkan kata-kata yang bernada menghina atau menampakkan raut muka mengejek terhadap pemikiran-pemikirannya.


Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama