Sunah Puasa & Orang Yang Dibolehkan Tidak Berpuasa

 Ask - www.Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Sunah Puasa & Orang Yang Dibolehkan Tidak Berpuasa

Amal saleh yang Allah Swt perintahkan saat kita berpuasa dikenal sebagai sunah-sunah puasa. Secara umum, sunah puasa mencakup semua kebaikan dan hal-hal sunah yang Allah Swt perintahkan kepada kita. 

Sunah Puasa & Orang Yang Dibolehkan Tidak Berpuasa

Secara khusus, Allah Swt. dan rasulNya menganjurkan kita hal-hal berikut.

  1. Mengakhirkan sahur.
  2. Menyegerakan berbuka.
  3. Memperbanyak tadarus Al-Qur’an.
  4. Melaksanakan salat malam atau salat tarawih.

Orang-Orang yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa Terdapat tiga kelompok manusia dalam berpuasa. Ada yang wajib berpuasa, ada yang diperbolehkan berpuasa, dan ada pula yang diperbolehkan tidak berpuasa. Orang yang wajib berpuasa adalah orang yang harus melaksanakan puasa karena telah memenuhi syarat wajib berpuasa.


Orang yang diperbolehkan berpuasa adalah orang yang sebenarnya tidak wajib berpuasa tetapi boleh menjalankannya. Misal, anak kecil yang sebenarnya tidak wajib berpuasa tetapi melaksanakan puasa sebagai latihan. Adapun orang yang boleh tidak berpuasa adalah orang-orang yang sebenarnya wajib berpuasa tetapi diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Mereka adalah orang-orang sebagai berikut.


satu orang yang diberi keringanan untuk tidak berpuasa Ramadan adalah ibu hamil. Akan tetapi mereka harus mengganti puasanya di waktu lain.
  1. Musafir. Seorang musafir mendapatkan keringanan dari Allah Swt. untuk tidak berpuasa karena beratnya perjalanan.
  2. Orang yang sedang sakit. Hal ini dimaksudkan untuk meringankan sakit dan memudahkan perawatannya.
  3. Perempuan yang sedang hamil dan meyusui. Mereka sedang berada dalam keadaan yang menyulitkan untuk berpuasa. Oleh karena itu, mereka diperbolehkan untuk tidak berpuasa.
  4. Orang yang sudah renta. Keadaan beliau yang telah renta membuat kemampuan fisik mereka berkurang.
  5. Orang yang bekerja keras. Apabila kita tidak memiliki pekerjaan lain selain pekerjaan tersebut ia boleh berbuka agar dapat bekerja. Akan tetapi, dia harus menggantinya di hari lain.


Orang-orang di atas diperbolehkan untuk tidak berpuasa Ramadan. Sebagai gantinya, mereka dapat menggantinya di lain hari sejumlah hari yang ditinggalkannya. Selain itu, ia juga dapat membayar fidyah untuk setiap hari yang ditinggalkannya. Inilah ketentuan puasa Ramadan. Ketentuan ini menjadi rujukan untuk puasa-puasa yang lain. Tentu saja dengan penyesuaian yang diperlukan untuk masing-masing puasa.




Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama