[Ask ] Fakta Umar Bin Khattab Yang Bikin Anda Merasa Takjub

 Ask - Ask.co.id

[Ask ] Fakta Umar Bin Khattab Yang Bikin Anda Merasa Takjub

Umar Bin Khatab merupakan salah seorang sahabat Nabi dan Khalifah kedua setelah wafatnya Abu Bakar As-Sidiq. Umar Bin Khatab bergelar Al-Faruq yang berarti bisa memisahkan antara kebenaran dan kebatilan.

[Ask ] Fakta Umar Bin Khattab Yang Bikin Anda Merasa Takjub

1. Umar bin Khattab Membuat Islam Semakin Tangguh       

Saat masih menjadi pemimpin kaum kafir, Umar bin Khattab memang sudah terkenal di kalangan Umat Muslim sebagai musuh yang patut diperhitungkan. Mengingat Ialah yang menjadi pemimpin terdepan untuk menyakiti umat muslim.


Hidayah Allah untuk meluluhkan hati Umar yang begitu keras amat mudah untuk diluluhkan. Penggalan surat Thaha membuat hati Umar luluh lantah dan segera memeluk Islam. Ini juga berkat doa Rasulullah SAW kepada Allah atas Amirul Mukminin.


Islam semakin kuat setelah Umar masuk agama Allah ini. Ia terkenal cakap dalam mengatur strategi perang, kekuasaan islam meluas dengan cepat.



2. Manusia yang Ditakuti Setan

Ia menjadi manusia yang amat ditakuti oleh setan. Dalam salah satu riwayat dari ‘Aisyah r.a bahwa Rasulullah pernah bersabda, ”Sesungguhnya setan lari ketakutan jika bertemu Umar”


Rasulullah bersabda yang berbunyi:

“Wahai Ibnul Khattab, demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah setan bertemu dengannmu di suatu jalan melainkan ia akan mengambil jalan yang lain dari jalanmu.” (HR. Bukhari, no.3480)


3. Penduduk Surga yang berjalan di Muka Bumi


Rasul memuliakan kedudukan Umar. Dalam sebuah riwayat Said bin al-Musayyib bahwa Abu Hurairah berkata, ketika kamu sedang berada di sisi Rasulullah shallallahu‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:


“Sewaktu tidur, aku bermimpi seolah-olah aku berada di Surga. Kemudian aku melihat seorang wanita berwudhu di samping sebuah istana, maka aku bertanya, ‘Milik siapa istana ini?’ Mereka menjawab, ‘Milik umar’. Maka aku teringat akan kecemburuan Umar sehingga aku menjauhi istana itu”. Umar menangis dan berkata, “Demi Allah mana mungkin aku akan cemburu kepadamu wahai Rasulullah”. (HR. Bukhari).



Umar Memeluk Agama Islam

Ketika Nabi Muhammad menyebarkan Islam di Mekkah, Umar menanggapinya dengan amat antipati. Pada puncak kebenciannya, Umar mencoba membunuh Nabi. Namun dalam perjalanannya, Umar bertemu dengan salah seorang pengikut Nabi yang bernama Nu’aim bin Abdullah dan memberikan kabar bahwa saudara perempuan Umar telah memeluk Islam. Mengetahui hal tersebut, Umar merasa marah dan kembali ke rumahnya dengan maksud untuk menghukum adiknya. Sesampainya di rumah, Umar menjumpai saudarinya yang sedang membaca Al-Quran Surat Thoha ayat 1-8, Umar menjadi semakin marah dan ingin memukul saudarinya.


Umar kemudian meminta agar ia melihat bacaan saudarinya tersebut. Beliau merasa sangat takjub melihat isi Al-Quran dan merasa tersentuh hatinya ketika adiknya kembali membaca Al-Quran. Setelah itu, Umar menyatakan untuk memeluk agama Islam. Keputusan tersebut membuat seluruh masyarakat Mekkah terkejut dan merasa heran, karena seorang yang terkenal memiliki watang yang keras dan pernah membenci Nabi Muhammad SAW  bisa tersentuh hatinya melalui lantunan ayat suci Al-Qur’an. 


Biografi  Umar bin Khattab

Umar bin al-Khattab lahir di Mekkah dari Bani Adi yang masih satu rumpun dari suku Quraisy dengan nama lengkap Umar bin al-Khattab bin abdul Uzza. Keluarga Umar tergolong keluarga kelas menengah, ia bisa membaca dan menulis yang pada masa itu merupakan sesuatu yang sangat jarang terjadi.


Umar bin khatab dikenal memiliki fisik yang kuat, sehingga ia amat disegani dan ditakuti pada masa itu. Beliau memiliki watak yang keras hingga dijuluki sebagai “Singa Padang Pasir”. Sebelum memeluk agama Islam beliau di kenal sebagai orang yang gemar meminum-minuman keras, namun setelah menjadi muslim beliau tidak lagi menyentuh alkohol sama sekali.



Masa Kekhalifahan Umar bin Khattab

Pada masa kekhalifahan Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khatab menjadi salah satu penasehatnya. Setelah Abu Bakar meninggal pada tahun 634, Umar bin khatab di tunjuk untuk menggantikan Abu Bakar sebagai khalifah ke-2 dalam sejarah Islam.


Selama dibawah pemerintahan Umar bin Khatab, kekuasaan Islam tumbuh dengan sangat pesat. Islam disebarkan ke Mesopotamia dan Persia, Mesir, Palestina, Syria, Afrika Utara dan Armenia. Saat melakukan proses Islamisasi, ada dua negara yang terkenal amat kuat yaitu Persia dan Romawi, namun keduanya berhasil di taklukkan oleh ke Khalifahan Umar bin Khatab.


Pada masa kekhalifahan Umar bin Khatab banyak dilakukan perubahan secara administratif terhdap daerah yang baru di taklukkan. Umar memerintahkan agar diselenggarakan sensus diseluruh wilayah kekuasaan Islam. Pada tahun 638 Masehi, kekhalifahan Umar memperluas dan merenovasi Masjidil Haram (Mekkah) dan Masjid Nabawi  (Madinah).


Umar bin Khatab dikenal sebagai orang yang hidup dengan kesederhanaan. Beliau tidak mengikuti gaya hidup yang glamor layaknya para penguasa di zaman itu. Sekitar tahun ke-17 H yang merupakan tahun ke-4 ke khalifahannya, Umar mengeluarkan keputusan bahwa penanggalan Islam hendaknya mulai dihitung saat peristiwa Hijriah.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama