Kewajiban-Kewajiban Terhadap Kedua Orang Tua

 Ask - Ask.co.id - Index

Assalamualaikum Sahabat Bagaimana Keadaan Kalian Hari Ini, Kami Doakan Semoga Sehat Selalu.

Kewajiban-Kewajiban Terhadap Kedua Orang Tua

Kewajiban-Kewajiban Terhadap Kedua Orang Tua

Kewajiban-Kewajiban Terhadap Kedua Orang Tua :


يا بني: إنك في هذه الساعة التي وفقني الله لأن أتولى إرشادك فيها، لا تزال تتقلب في نعمة أبيك الذي يواليك بالنفقة بما في وسعه، و لا يضن عليك بما في طاقته؛ لولا أبواك ما استطعت أن تجلس هذا المجلس، بين طلاب العلم الشريف,

Artinya :

Wahai anakku! Saat ini, dimana Alloh memberiku pertolongan untuk ikut mengasuhmu, kamu senantiasa dalam kasih sayang ayahmu yang menanggung nafkahmu dengan seluruh kemampuannya, dia (bapak mu) tidak pernah pelit terhadap apa yang di milikinya. Andaikata bukan karena kedua orang tuamu, tidak mungkin kamu bisa duduk di kelas di antara teman-teman belajarmu.


يا بني: أطع أباك و أمك، و لا تخالفهما في شيئ إلا إذا

أمراك بمعصية مولاك. فإنه "لا طاعة لمخلوق في معصية الخالق" و وصينا الإنسان بوالديه حملته أمه وهنا على وهن و فصاله في عامين: أن اشكرلي ولوالديك إلي المصير. و إن جاهداك على أن تشرك بي ما ليس لك به علم فلا تطعهما، و صاحبهما في الدنيا معروفا. و التبع سبيل من أناب إلي ثم إلي مرجعكم فأنبئكم بما كنتم تعملون.

Artinya :

Wahai anakku! Taatilah ayah dan ibumu! Dan janganlah kamu menentang sedikitpun perintahnya, kecuali jika memerintahmu untuk mendurhakai Tuhanmu. Karena, tidak ada makhluq untuk mendurhakai Kholiq (Sang Pencipta).

Alloh Ta'ala berfirman: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada kedua orang tuamu, hanya kepadaKulah kembalimu. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah mengikuti keduanya, dan ikutilah jalan orang-orang yang kembali kepadaKu, kemudian hanya kepadaKulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan" (Luqman: 14 - 15)


يا بني: احذر كل الحذر أن تغضب أباك أو تغضب أمك، إن غضب الله مقرون بغضب الوالدين؛ و من غضب الله عليه فقد خسر الدنيا و الأخرة.

Artinya :

Wahai anakku! Hendaklah kamu benar-benar takut mendapat murka ayah dan ibumu, sesungguhnya murka Alloh menyertai murka kedua orang tua. Dan barang siapa di murkai oleh Alloh maka sungguh merugi di dunia dan di akhirot.


يا بني: مهما تكبدت من المشقات في خدمة أبيك و أمك فإن حقوقهما عليك فوق ذالك أضعافا مضاعفة ( فلا تقل لهما أف و لا تنهرهما و قل لهما قلا كريما و اخفض لهما جناح الذل من الرحمة و قل رب ارحمهما كما ربياني صغيرا),

Artinya :

Wahai anakku! Manakala kamu merasa berat melayani ayah dan ibumu, maka sesungguhnya kewajiban mereka terhadapmu lebih berlipatganda. Alloh Ta'ala berfirman: "Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihanilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil". (Al Isro': 23 - 24)


يا بني: إن أشد الناس حبا لك هو أبوك الذي تولى تربيتك صغيرا؛ و سلك طريق الرشاد في تعليمك حتى صرت من طلاب العلوم الدينية؛ فاحرص على قبول نصائحه فهو أدرى منك بما يصيبك، و ما ينفعك و ما يضرك و الله يتولى هديتك و إرشادك و صلاحك.


Artinya:

Wahai anakku! Sesungguhnya orang yang paling besar cintanya kepadamu adalah ayahmu yang telah menangani pendidikanmu waktu kecil dan telah membawamu ke jalan kebenaran dalam mendidik, hingga kamu termasuk sebagai penuntut pengetahuan agama. Maka berusahalah untuk menerima nasehatnya, karena ayahmu lebih tahu tentang apa yang terjadi padamu, tentang apa yang bermanfaat bagimu dan apa yang merugikan dirimu.

Allohlah penuntunmu kepada petunjuk, kebenaran dan kebaikan.


يا بني كل إنسان يجب أن يكون رفيع القدر عظيم الجاه، محبوبا عند الله و عند الناس، و يتمنى أن يكون مقامه فوق كل مقام -: لكن الوالد يحب لولده أن يكون أرفع منه

منزلة و أكبر منه مقاما؛ و أعز منه جاها، فبما ذا يجب أن تعامل من يقدمك على نفسه، و يتمنى لك أكثر مما يتمنى لها؟

Artinya :

Wahai anakku! Setiap orang menginginkan diri bermartabat dan berkedudukan tinggi, di cintai Alloh, di cintai orang lain, dan berangan-angan untuk memperoleh kedudukan di atas orang lain. Tetapi yang namanya orang tua justeru ingin anaknya lebih tinggi martabatnya, kedudukannya, pangkatnya dari pada dirinya sendiri. Lalu dengan apa kamu harus memperlakukan orang yang mau mendahulukanmu di atas dirinya sendiri? Dan lebih banyak perhatiannya terhadapmu daripada terhadap dirinya sendiri?.


يا بني: أنظر إلى الطفل الصغير، و إلى أشفاق أبويه عليه، و اعتنائهما بصحته و طعامه و شرابه و ملاذه في ليله و نهاره و صحته و سقمه - تعلم مقدار ما قاسى أبواك في تربيتك حتى بلغت مبلغ الرجال,

Artinya :

Wahai anakku! Lihatlah seorang anak kecil dan kasih sayang kedua orang tuanya, dan perhatian mereka terhadap kesehatannya, makan dan minumnya, baik di waktu sehat maupun sakit. Kamu tentu bisa mengukur kadar beban orang tuamu dalam mengasuhmu hingga tumbuh dewasa.


Semoga Bermanfaat.

Banyak Hal Yang Akan Kita Bahas Silahkan Kunjungi Website Kami Secara Berkala Agar Anda Tidak Ketinggalan Informsi Yang Unik Dan Menarik Lainya, Share Bila Postingan Ini Bermanfaat.

Terimakasih Dan Sampai Jumpa.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama