[Ask] Kisah Bagaimana Cara Dakwah Nabi Muhammad SAW

 Ask - Ask.co.id

[Ask] Kisah Bagaimana Cara Dakwah Nabi Muhammad SAW

[Ask] Kisah Bagaimana Cara Dakwah Nabi Muhammad SAW

Priode Dakwah Rasulullah SAW yang pertama adalah Priode Makkah. Priode ini berjalan selama tiga belas tahun, yang terbagi kepada tiga yaitu 

(1) dakwah secara sembunyi-sembunyi yang berjalan selama tiga tahun, 

(2) dakwah secara terang-terangan ditengah penduduk Makkah, yang dimulai sejak tahun keempat dari Nubuwwah (masa kenabian) hingga akhir tahun kesepuluh, dan 

(3) Dakwah di luar Makkah dan penyebarannya sampai hijrah di Madinah.



Priode Madinah adalah priode kedua, berjalan selama sepuluh tahun. Dan periode Fathu Makkah (penaklukan Makkah), dimulai sejak perjanjian Hudaibiyah sampai Rasulullah SAW meninggal dunia, dan selanjutnya diteruskan oleh para sahabat.



Pentingnya Dakwah

Dakwah adalah pilar utama didalam penyampaian risalah kenabian. Di dunia ada dua warisan kerja yang amat penting bagi umat manusia.

Pertama adalah kerja Nubuwwah. Kerja ini adalah suatu usaha untuk mendatangkan qudrat dan hidayah dari Allah SWT. Untuk melakukan kerja ini diperlukan sifat-sifat yang mulia seperti sabar, tawadhu, tawakkal, qana’ah dan sebagainya. Untuk mendapatkan sifat ini kita harus istiqamah di jalan Allah.

Kerja Nubuwwah adalah mengajak taat kepada Allah dan RasulNya sebagimana kehidupan pada zaman para sahabat. Penguasa tidak perlu turun dari kekuasaannya. Usaha dakwah tidak memerlukan kerajaan ataupun menurunkan raja dari tahtanya. Dakwah hanya menginginkan bagaimana para raja berperan serta dalam usaha ini dan memasyarakatkan usaha dakwah ke dalam kerajaannya.


Kedua kerja Hukumah yaitu kerja untuk memperoleh keuntungan diri sendiri. Usaha ini mengajak manusia untuk mengambil manfaat dunia berupa harta, pangkat, jabatan dan sebagainya.

Tugas orang yang beriman adalah mengajak manusia untuk taat kepada Allah dan Rasul-nya Muhammad SAW, sehingga degan dakwah hidayah akan tercurah keseluruh alam ini dan Islam dapatlah menjadi rahmatan lilalamin.


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama