[Ask] Kisah Sahabat Nabi Abdullah bin As Sa’ib - Umar bin Khattab

 Ask - Ask.co.id

[Ask] Kisah Sahabat Nabi Abdullah bin As Sa’ib - Umar bin Khattab

[Ask] Kisah Sahabat Nabi Abdullah bin As-Sa’ib - Umar bin Khattab

Nama lengkapnya Abdullah bin as-Sa’ib bin Abi as-Sa’ib al-Makhzumi al-Qurasyi, salah seorang sahabat muda Nabi Muhammad SAW dan termasuk muqri ahli Makkah (guru al-Qur’an bagi penduduk Makkah). Beliau memiliki beberapa riwayat hadis dari Nabi SAW.


Para sahabat Nabi SAW adalah generasi terbaik umat ini. Satu generasi yang memiliki semangat menggebu dalam mempelajari agama Allah dan mengamalkannya dalam kehidupan. Fakta ini dapat dilihat dalam perilaku mereka.


Misalnya, jika mereka tidak mendengar hadis tertentu dari Rasulullah SAW secara langsung, karena umurnya masih kecil, atau karena diutus oleh Rasulullah SAW untuk pergi berjihad , atau mengajarkan al-Quran kepada suatu kaum,  ataupun karena melaksanakan kewajiban seperti mencari nafkah, maka mereka pun tidak tinggal diam. Mereka akan menanyakan dan mendengarkan langsung dari Rasulullah SAW.


Demikian pula halnya dengan Abdullah bin as-Sa’ib r.a. Beliau pernah belajar dan mengambil hadis dari Rasulullah SAW, mempelajari al-Quran dari Ubay bin Ka’b r.a dan meriwayatkan hadis darinya pula. Abdullah bin as-Sa’ib r.a  juga meriwayatkan hadits Nabi SAW dari Umar bin Khattab r.a.


Setelah masa studi beliau berlalu dan sudah memiliki ilmu yang cukup, maka beliau berdakwah menyampaikan dan mengajarkan ilmu kepada khalayak ramai. Banyak murid yang belajar dan menimba ilmu dari Abdullah bin as-Sa’ib r.a. Diantaranya banyak yang menjadi ulama besar, seperti Mujahid bin Jabr (salah seorang imam dalam bidang qira’ah dan tafsir), Atha bin Abi Rabah (salah seorang ahli fiqih) dan banyak yang lainnya.


Semua sahabat Nabi adalah orang-orang terpercaya dalam urusan agama. Mereka telah mendapatkan pujian dan rekomendasi dari Allah dan Rasul-Nya. Allah SWT berfirman di dalam Quran Surat at-Taubah ayat 100 :

وَٱلسَّٰبِقُونَ ٱلۡأَوَّلُونَ مِنَ ٱلۡمُهَٰجِرِينَ وَٱلۡأَنصَارِ وَٱلَّذِينَ ٱتَّبَعُوهُم بِإِحۡسَٰنٖ رَّضِيَ ٱللَّهُ عَنۡهُمۡ وَرَضُواْ عَنۡهُ وَأَعَدَّ لَهُمۡ جَنَّٰتٖ تَجۡرِي تَحۡتَهَا ٱلۡأَنۡهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَآ أَبَدٗاۚ ذَٰلِكَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡعَظِيمُ ١٠٠

“ Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar. “



Dalam ayat yang lain Allah SWT berfirman :

لَّقَد تَّابَ ٱللَّهُ عَلَى ٱلنَّبِيِّ وَٱلۡمُهَٰجِرِينَ وَٱلۡأَنصَارِ ٱلَّذِينَ ٱتَّبَعُوهُ فِي سَاعَةِ ٱلۡعُسۡرَةِ    

“ Sesungguhnya Allah telah menerima taubat Nabi, orang-orang muhajirin dan orang-orang anshar yang mengikuti Nabi dalam masa kesulitan. “ (QS.at-Taubah ayat 117).



Dua ayat tersebut menunjukkan Allah SWT telah merekomendasikan dan ridha kepada para sahabat Nabi SAW dan ridha kepada orang-orang mengikuti mereka dengan baik. Rasulullah SAW juga bersabda :

حَيْرُكُمْ قَرْنِي ، ثُمَّ الَّذِ يْنَ يَلُو نَهُمْ ، ثُمَّ الَّذِ يْنَ يَلُو نَهُمْ

“ Sebaik-baik masa adalah masaku, kemudian setelahnya, kemudian setelahnya. “ (HR. Bukhari).


Hadis ini menunjukkan bahwa Nabi SAW telah memberi tazkiyah, memuji para sahabatnya yang hidup pada masanya sebagai generasi sebaik-baik generasi.

Abdullah bin as-Sa’ib r.a merupakan salah seorang dari mereka yang dipuji Allah dan Rasul-Nya, dan andai kata tidak ada seorang pun di dunia ini yang memujinya, maka ini sudah cukup dua pujian dan rekomendasi dari Allah dan Rasul-Nya di atas sebagai dalil yang menganjurkan kemuliaan dan tingginya kedudukannya di sisi Allah SWT dan Rasul-Nya.


Mujahaid bin Jabr r.a pun memujinya, ia mengatakan :

كُنَّا نَفْخَرُ عَلَى ى النَّاسِ بِقَرِئِنَا عَبْدِ اللهِ بْنِ السَّا ئِبِ

“ Kami dulu bangga dengan ahli qira’ah kami, yakni Abdullah bin as-Sa’ib. “

Kemudian beliau wafat di kota Makkah pada masa pemerintahan Abdullah bin az-Zubair r.a


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama