[Ask] Kisah Sahabat Nabi Amr bin Tsabit bin Waqsy - Umar bin Khattab

 Ask - Ask.co.id

[Ask] Kisah Sahabat Nabi Amr bin Tsabit bin Waqsy - Umar bin Khattab

[Ask] Kisah Sahabat Nabi Amr bin Tsabit bin Waqsy - Umar bin Khattab

Kemenangan yang sudah di depan mata menjadi sirna. Pasukan musyrikin yang dipimpin komandan ulungnya Khalid bin Walid berhasil memukul pasukan Muslimin, dan akhirnya berhasil menceraiberaikan dan mengalahkan kaum Muslimin atas hikmah yang Allah SWT kehendaki. 




Allah SWT berfirman di dalam Surat Ali Imran ayat 166-167 :
وَمَآ أَصَٰبَكُمۡ يَوۡمَ ٱلۡتَقَى ٱلۡجَمۡعَانِ فَبِإِذۡنِ ٱللَّهِ وَلِيَعۡلَمَ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ ١٦٦ وَلِيَعۡلَمَ ٱلَّذِينَ نَافَقُواْۚ وَقِيلَ لَهُمۡ تَعَالَوۡاْ قَٰتِلُواْ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ أَوِ ٱدۡفَعُواْۖ قَالُواْ لَوۡ نَعۡلَمُ قِتَالٗا لَّٱتَّبَعۡنَٰكُمۡۗ هُمۡ لِلۡكُفۡرِ يَوۡمَئِذٍ أَقۡرَبُ مِنۡهُمۡ لِلۡإِيمَٰنِۚ يَقُولُونَ بِأَفۡوَٰهِهِم مَّا لَيۡسَ فِي قُلُوبِهِمۡۚ وَٱللَّهُ أَعۡلَمُ بِمَا يَكۡتُمُونَ ١٦٧
“ Dan apa yang menimpa kamu pada hari bertemunya dua pasukan, maka (kekalahan) itu adalah dengan izin (takdir) Allah, dan agar Allah mengetahui siapa orang-orang yang beriman. Dan supaya Allah mengetahui siapa orang-orang yang munafik. Kepada mereka dikatakan: "Marilah berperang di jalan Allah atau pertahankanlah (dirimu)". Mereka berkata: "Sekiranya kami mengetahui akan terjadi peperangan, tentulah kami mengikuti kamu". Mereka pada hari itu lebih dekat kepada kekafiran dari pada keimanan. Mereka mengatakan dengan mulutnya apa yang tidak terkandung dalam hatinya. Dan Allah lebih mengetahui dalam hatinya. Dan Allah lebih mengetahui apa yang mereka sembunyikan. “



Akhirnya, kaum Muslimin mengalami kekalahan yang mengandung hikmah besar yang dikehendaki oleh Allah. Kekalahan dalam perang ini identik dengan banyaknya korban yang jatuh yaitu sebanyak 65 sahabat Nabi SAW yang menjadi syuhada, diantaranya adalah Amr bin Tsabit bin Waqsy termasuk orang tuanya yang telah lanjut usia yang bernama Tsabit bin Waqsy.




Siapakah Amr bin Tsabit bin Waqsy  sebenarnya ?

Amr bin Tsabit bin Waqsy al-Anshari al-Ausi al-Asyhali. Ibunya bernama Lubabah binti al-Yaman. Amr adalah putra dari saudara perempuan Hudzaifah al-Yamani dan dia sering disebut dengan nama panggilan Ushairim Bani Abdil-Asyhal.

Imam Ibnul Atsir rahimahullah meriwayatkan dengan sanadnya dalam Usudul Ghabah (3/699) melalui jalan Muhammad bin Ishaq dari Abu Hurairah r.a, ia berkata, “ Beritahukan kepadaku tentang orang yang masuk surga, namun ia belum pernah sama sekali mengerjakan shalat karena Allah SWT. Ternyata orang-orang tidak mengetahuinya, maka ia berkata, dia adalah Ushairim Bani Abdul Asyhal, ‘Amr bin Tsabit bin Waqsy. Ia dahulu menolak Islam. Namun, pada hari terjadinya Perang Uhud, ia tertarik terhadap Islam dan memeluk Islam. Kemudian dia mengambil pedangnya dan berjumpa dengan orang-orang. Ia memasuki medan peperangan. Ia berperang dan luka-luka, maka ia menghentikan diri, lalu beberapa orang dari Bani Abdul Ashal  keluar untuk mencari-cari orang-orang mereka dalam peperangan tersebut.



Mereka terkejut menemukan ‘Amr bin Tsabit bin Wasqy pada tempat orang-orang yang sahid , maka orang-orang pun bertanya, “ Ini ‘Amr, mengapa dia ada disini ? Apa yang menyebabkan engkau berada di sini, wahai ‘Amr ? Apa karena simpati kepada kaummu (suku Aus yang berperang menghadapi suku Quraisy ) atau keinginan masuk Islam ?



“ maka ‘Amr bin Tsabit bin Wasqy pun menjawab, “ Justru aku ke sini karena cinta terhadap Islam. Aku telah memeluk Islam. Akupun berjuang hingga terkena luka-luka seperti yang kalian lihat. “ Tak seberapa lama kemudian ia pun meninggal dunia.

Hal ini di ceritakan para Sahabat kepada Rasulullah SAW, Beliau pun bersabda, “ Ia termasuk penghuni Surga. “


Kategori : QuoteAskPediaAskNewsPerpustakaanNasionalInternasionalFlora & FaunaTehnologiPropertiTravelSportFoodKesehatanPopulerEntertainmentAgamaVidio.

Baca Juga

Komentar

Lebih baru Lebih lama